Inil Lho 3 Aplikasi Membaca Bahasa Indonesia yang Harus Ada di Smartphone

Inil Lho 3 Aplikasi Membaca Bahasa Indonesia yang Harus Ada di Smartphone

© Aliis Sinisau / unsplash.com

Indonesia merupakan salah satu negara dengan minat baca terendah di dunia. Akibatnya, kualitas sumber daya manusia Indonesia tidak mampu untuk bersaing di era informasi seperti saat ini. Padahal ada banyak cara untuk tetap bisa menambah wawasan dan pengetahuan di jaman serba digital.

Salah satunya adalah dengan memiliki aplikasi membaca yang terpasang pada ponsel pintar. Lewat aplikasi-aplikasi ini, kawan tidak perlu lagi khawatir untuk harus membeli atau kesulitan mencari bacaan-bacaan berkualitas berbahasa Indonesia. Apa saja aplikasi itu? Berikut ulasannya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

1. iPusnas

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sebagai perpustakaan nasional, tentu saja Perpusnas memiliki koleksi buku lebih lengkap dibandingkan perpustakaan lainnya di Indonesia. Sejak gedung perpustakaan naisonal baru diresmikan, ada banyak upaya baru untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk membaca. Salah satunya adalah lewat aplikasi. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Perpustakaan Nasional untuk membaca atau meminjam buku.

Aplikasi ini tidak dipungut biaya dan seluruh buku tersedia gratis. Aplikasi sudah tersedia di Playstore dan App Store. Selain itu aplikasi ini juga tersedia untuk PC yang cocok bagi mereka yang tidak ingin membaca melalui ponsel pintar.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

2. Gramedia Digital

Sebagai salah satu pemimpin pasar dalam industri buku, Gramedia tidak ingin kehilangan momentum untuk menjangkau pasar pengguna ponsel pintar. Caranya adalah dengan meluncurkan aplikasi toko buku namun juga sekaligus sebagai aplikasi baca buku digital. Dalam aplikasi ini berbagai buku tersedia sesuai dengan katalog jual Gramedia. Jadi untuk kawan yang ingin mendapatkan dan membaca buku terbaru bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi tersedia di Playstore dan App Store.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

3. Seri Aplikasi Aksaramaya

Mirip seperti aplikasi iPusnas milik Perpustakaan Nasional, aplikasi buatan aksaramaya merupakan aplikasi yang diperuntukkan pada perpustakaan-perpustakaan lokal yang ada di Indonesia. Berbagai pemerintahan daerah selalu memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam. Nah melalui aplikasi ini kawan bisa mengakses buku-buku yang ada di daerah dengan lebih mudah dan efisien.

Beberapa perpustakaan daerah yang telah menggunakan aplikasi ini adalah Jakarta, Jogja, Balikpapan, dan banyak lainnya. Untuk sementara aplikasi buatan aksaramaya hanya tersedia di Playstore.

Pilih BanggaBangga47%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang26%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau21%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Adakah Hubungan Candi di Jawa Tengah ini dengan Peradaban Suku Maya di Meksiko? Sebelummnya

Adakah Hubungan Candi di Jawa Tengah ini dengan Peradaban Suku Maya di Meksiko?

Liburan ke Banten Selatan yuk.. Selanjutnya

Liburan ke Banten Selatan yuk..

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.