Kembali Harumkan Nama Indonesia, Sanggar Kesenian ini Juara Umum di Perancis

Kembali Harumkan Nama Indonesia, Sanggar Kesenian ini Juara Umum di Perancis
info gambar utama

Sanggar Kesenian Aceh (SAKA) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, mereka berhasil meraih juara umum dalam kompetisi tari dunia yang diselenggarakan di Paris, Perancis, 4-5 Mei 2018 kemarin.

SAKA yang beranggotakan beberapa penari dan pemusik tersebut, menyajikan tarian kolaborasi tari tradisi rapai geleng dan tari kreasi ratoeh jaroe. Para penari SAKA berhasil meramaikan panggung International Folklore Dance and Music “Etoiles de Paris”.

Agenda internasional itu diikuti oleh 15 negara. "Ada Malaysia, Rusia, Kazakhstan, Perancis, Turki, Tunisia, Indonesia, Bulgaria, dan beberapa negara lainnya," kata Almira Zarfano, ketua tim SAKA dikutip dari laman Serambinews.

"Kami sangat bangga dapat mengharumkan nama Indonesia dengan tarian kesenian Aceh. Harapannya semoga melalui kesenian daerah ini, Indonesia semakin dikenal di mata dunia," imbuhnya.

"Harapannya semoga banyak anak-anak Aceh yang terus melestarikan dan memperkenalkan kesenian Aceh di kancah international," ujar Heri Maslijar, pelatih dan pemusik yang juga mantan Ketua Umum Sanggar Seni Seulaweuet UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini