Bahagianya Menjadi Mahasiswa Sastra Indonesia!

Bahagianya Menjadi Mahasiswa Sastra Indonesia!
info gambar utama

Sebagai calon mahasiswa beberapa orang akan dipusingkan dengan pilihan jurusan yang hendak dituju. Beberapa jurusan yang dianggap menjanjikan nampaknya akan selalu menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa. Namun ada satu jurusan yang sering dilupakan bahkan terabaikan oleh beberapa pendaftar perguruan tinggi yakni Sastra Indonesia.

Di beberapa universitas, Sastra Indonesia merupakan salah satu tawaran jurusan dalam ilmu humaniora. Akan tetapi keberadaan Sastra Indonesia sebagai jurusan mumpuni masih terus dipandang sebelah mata karena dianggap tidak memiliki nilai prestise yang cukup tinggi dibanding jurusan lain. Padahal jika dikulik lebih dalam, banyak sekali lho keuntungan yang bisa diraih dari belajar dan kuliah di Sastra Indonesia.

1. Cinta Indonesia

Sebagai mahasiswa Sastra Indonesia yang juga dekat dengan ilmu humaniora, mahasiswa akan diajarkan banyak hal mengenai Indonesia melalui sastra dan budaya. Oleh sebab itu, mahasiswa Sastra Indonesia juga memiliki tingkat kepekaan dan kecintaan yang luar biasa terhadap Indonesia sebagai negara kesatuan. Pastinya mereka akan ditumbuhkan rasa kebanggaannya sebagai bagian dari Indonesia

2. Memiliki Kemampuan Literasi yang Baik

Apabila menempuh studi di jurusan Sastra Indonesia, setiap mahasiswa dituntut untuk dapat membaca dan menulis karya-karya sastra. Oleh karenanya mahasiswa sastra punya kecakapan tinggi terkait kegiatan tulis menulis yang juga menambah nilai plus mereka.

3. Puitis dan Romantis

Mahasiswa sastra merupakan mahasiswa yang paham tutur kata dan berdialog maupun berdialek dengan baik. Ditunjang dengan kemampuan menulis dan membaca, anak sastra biasanya meluapkan apa yang mereka rasakan melalui sesuatu yang bersifat puitis dan romantis.

4. Kritis

Meski kerap kali dianggap tidak keren, mereka yang kuliah di jurusan sastra khususnya Sastra Indonesia ialah orang-orang yang kritis. Mereka mampu dengan mudah menyampaikan apapun yang ada di pikiran melalui untaian kata dan kalimat yang merupakan senjata utama mereka.

Bagaimana? Menyenangkan bukan kuliah di Sastra Indonesia? Semoga setelah membaca tulisan ini, beberapa calon mahasiswa tergerak hatinya untuk turut terjun langsung menjadi bagian dari Sastra Indonesia. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?


Sumber:

IDN Times

Hipwee

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini