Ratusan ribu lulusan SMA/K sederajat hari ini sedang berlomba-lomba mendapatkan satu kursi di perguruan tinggi impiannya. Tercatat sebanyak 860.001 peserta terdaftar untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 pada Selasa (8/5) dan akan berlanjut pada Rabu (9/5) dan/atau Jumat (11/5) untuk beberapa program studi tertentu.

Ratusan ribu peserta tersebut tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan tempat tes yang telah ditentukan. Tak sedikit yang harus menjalani tes di luar kota bagi mereka yang memiliki kampus impian yang lokasinya tidak berada satu kota dengan tempat asal mereka. Salah satunya adalah peserta SBMPTN yang melaksanakan ujian di Kota Yogyakarta.

Beruntungnya, salah satu kampus di Kota Gudeg tersebut memberikan fasilitas penginapan gratis untuk siswa seluruh Indonesia.

Tempat menginap gratis untuk peserta SBMPTN di Yogyakarta | Foto: Hasan Sakri/Tribun jogja
Tempat menginap gratis untuk peserta SBMPTN di Yogyakarta | Foto: Hasan Sakri/Tribun jogja

Fisipol Menyambut adalah program yang diinisiasi oleh Jurusan Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM). Program ini memberikan tempat inapan gratis untuk Senin (7/5) hingga Selasa (8/5) bagi 140 peserta yang mengikuti ujian SBMPTN di wilayah Yogyakarta.

Langkah ini didasari oleh ujian SBMPTN yang mengharuskan siswa untuk menjalani tes di luar kota sesuai dengan wilayah universitas tujuannya.

“Salah satu yang menjadi kendala bagi peserta dari luar Jogja adalah mendapatkan inapan yang nyaman dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki,” kata Velina Aulia, Humas Fisipol UGM.

Program dengan tagline “Dekat Bersahabat” ini terbuka bagi siapapun siswa yang menjalani SBMPTN di Yogyakarta dengan mengutamakan siswa dari keluarga prasejahtera. Tempat inap yang disediakan Fisipol Menyambut berlokasi di Kampus Fisipol Unit II di Sekip, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

Selain tempat menginap, peserta yang mengikuti program ini juga diberikan kelas motivasi. “Tidak hanya memberi kenyamanan saja, tapi dengan fasilitas kelas motivasi ini Fisipol juga ingin memberikan rasa tenang bagi peserta yang akan menjalani SBMPTN,” jelas Velina.

Fasilitas lain juga akan didapatkan peserta yang mengikuti Fisipol Menyambut, seperti sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK) yang bersih dan memadai, konsumsi, tempat ibadah, hingga sepeda motor.

Menarik bukan? Semoga dengan adanya program ini bisa memberikan ketenangan bagi peserta yang sedang menjalani SBMPTN, ya!

Sumber: Tribun Jogja, CNN Indonesia, Website Resmi Fisipol UGM

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu