Inilah Tiga Kota Besar yang Ramai Dipadati Peserta SBMPTN

Inilah Tiga Kota Besar yang Ramai Dipadati Peserta SBMPTN
info gambar utama

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serentak digelar hari ini, Selasa 08 Mei 2018. Beberapa kota besar yang menjadi tujuan utama calon mahasiswa nampak mulai dipadati peserta tes dari beberapa hari lalu. Seperti yang tertera di laman Jawa Pos, kenaikan angka pendaftar tes SBMPTN tahun ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2017 peserta tes mencapai 797 ribu pendaftar, lain lagi dengan tahun ini yang menembus angka 840 ribu.

Antusias peserta tes SBMPTN tidak hanya meningkat dari jumlah pendaftar yang ada. Beberapa kota besar juga dipadati calon mahasiwa yang juga datang ditemani sanak saudara guna menempuh ujian SBMPTN. Tiga di antaranya ialah Bandung, Jogja, dan Surabaya yang memiliki cakupan peserta tes SBMPTN cukup banyak dibanding beberapa kota lain.

1. Bandung

Bandung sebagai salah satu kota yang memiliki cukup banyak universitas negeri, tercatat menerima sekitar 56 ribu pendaftar tes SBMPTN.

2. Jogjakarta

Disebut sebagai kota pelajar membuat Jogja tidak luput dari riuhnya pendaftar tes SBMPTN yang berlokasi di sana. Tercatat kurang lebih ada 42 ribu peserta tes yang dipastikan datang guna melaksanakan ujian SBMPTN di kota yang juga terkenal akan kelezatan gudegnya itu.

3. Surabaya

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur yang juga memiliki beberapa universitas negeri terkenal, Surabaya tercatat menerima sekitar 60 ribu peserta tes SBMPTN yang turut serta membanjiri kota yang berbatasan langsung dengan Pulau Madura tersebut.

Membludaknya angka pendaftar tes SBMPTN tahun ini turut membuat beberapa ruas jalan di tiga kota besar tersebut terlihat padat. Dalam kondisi lalu lintas terdapat kemacetan yang berbeda dari hari-hari biasanya. Ramainya peserta tes SBMPTN yang datang dari luar kota juga mengakibatkan fasilitas jasa layaknya hotel dan penginapan penuh.

Di Jogjakarta salah satu perguruan tinggi ternama yakni Universitas Gadjah Mada juga menyediakan penginapan gratis bagi para calon mahasiswa juga orang tua peserta tes. Lokasinya pun dekat dengan kampus UGM yang juga dijadikan sebagai tempat tes SBMPTN. Hal tersebut dilakukan guna menanggulangi membludaknya beberapa penginapan yang pastinya akan penuh diisi oleh peserta tes yang datang dari luar kota.

Lain lagi di Surabaya, yang sejak dua hari lalu terlihat mulai dipadati kendaraan bernomor polisi luar daerah Surabaya. Kondisi serupa juga terjadi di Bandung, beberapa ruas jalan menuju kampus ITB nampak lebih ramai dari biasanya karena kedatangan peserta tes SBMPTN yang akan melaksanakan ujian di kampus tersebut.


Sumber:

Pikiran Rakyat

Kumparan

Kompas

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini