Ternyata Gojek Sudah Berancang-ancang Masuk Filipina

Ternyata Gojek Sudah Berancang-ancang Masuk Filipina
info gambar utama

Rupanya Go-jek benar-benar serius berekspansi ke negara lain. Dilansir dari Seasia.co, GoJek telah menyatakan minatnya untuk memperluas ke Filipina, dan saat ini Badan Waralaba dan Pengaturan Transportasi Darat atau Land Transportation Franchising and Regulatory Board (LTFRB) Filipina mengatakan bahwa mereka sedang mempelajari dengan saksama operasi perusahaan untuk melindungi pemain industri lainnya dan masyarakat.

“GoJek tertarik untuk masuk dan menyediakan TNVS (Transport Network Vehicle Service). yang hanya satu dari 18 layanan lain yang mereka tawarkan, ”kata anggota dewan LTFRB Aileen Lizada kepada wartawan, Senin lalu di Manila.

“GoJek itu (perusahaan) besar; kita perlu mempelajari operasinya dengan baik karena kita perlu melindungi pemain lokal, ”tambahnya, sambil mengatakan bahwa perusahaan ini ingin beroperasi di semua kota di Filipina dengan layanan taksi.

Saat ini, layanan taksi online yang beroperasi di sana, Grab Philippines, mendominasi industri transportasi online setelah Grab (berpusat di Singapura) membeli operasi Uber di Asia Tenggara. Dalam upaya untuk meningkatkan persaingan, LTFRB telah mengakreditasi pemain yang lebih kecil seperti Micab, Hirna, Hype, LagGo, dan Owto.

Lizada mengatakan bahwa Indonesia tidak mengatur perusahaan yang menggunakan angkutan dan mencatat bahwa GoJek menerapkan harga lonjakan (surge price) yang jauh lebih tinggi.

“(Surge price) Go Jek bisa melonjak hingga lima kali di Indonesia. Saya mengatakan kepada mereka di sinihanya bisa 2x lipat. Lalu saya bertanya kepada mereka apakah dengan 2x dari harga normal saja, apakah Anda akan selamat? Mereka mengatakan mereka akan mempelajari hal ini ”tambahnya.

LTFRB telah memerintahkan Grab Philippines untuk menurunkan tingkat lonjakannya dari maksimum 2,0x menjadi 1,5x ketika akuisisi Uber diselesaikan.

Sumber: seasia.co | manila times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini