Kampus-kampus Terbaik Indonesia, Bisa Jadi Takkan Lagi Hanya di Jawa

Kampus-kampus Terbaik Indonesia, Bisa Jadi Takkan Lagi Hanya di Jawa
info gambar utama

Perlu kita akui, bahwa kampus-kampus terbaik di Indonesia saat ini 'masih' berada di Pulau Jawa. GNFI pernah merilis daftar "50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia" 2016 lalu, dan di 20 besar, didominasi oleh kampus-kampus di Jawa. Hanya ada 3 di Sumatera, dan 1 di Bali, itupun tak masuk 10 besar.

1. Institut Teknologi Bandung

2 Universitas Gadjah Mada

3 Universitas Indonesia

4 Universitas Sebelas Maret

5 Universitas Padjadjaran

6 Universitas Pendidikan Indonesia

7 Universitas Diponegoro

8 Universitas Negeri Yogyakarta

9 Universitas Brawijaya

10 Universitas Airlangga

11 Universitas Gunadarma

12 Institut Pertanian Bogor

13 Universitas Mercu Buana

14 Universitas Bina Nusantara

15 Universitas Sumatera Utara

16 Universitas Udayana

17 Universitas Riau

18 Universitas Lampung

19 Institut Teknologi Sepuluh Nopember

20 Universitas Negeri Semarang

Kita sering membayangkan, bagaimana agar kampus-kampus terbaik di Indonesia ini bisa tersebar merata di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Lampung, Pontianak hingga Balikpapan, Makassar hingga Manado, Ternate hingga Morotai, Mataram hingga Kupang, dan dari Sorong hingga Merauke.

Tidak akan mudah membangun kampus-kampus baru, mendidik pengajar-pengajar berstandar tinggi, dan ditempatkan di wilayah-wilayah di seluruh Indonesia. Selain mungkin akan memakan waktu lama, sementara kita tak bisa lagi menunggu dan tertinggal dibanding negara lain, cara ini tentu akan memakan biaya besar, dan rentan tidak sustain, terutama menyangkut operasional jangka panjangnya.

Jaringan Backbone fiber optik Indonesia. 81.831 km!
info gambar

Sekedar ide, mungkin inilah jawaban dari persoalan-persoalan tersebut. Tahun 2016 ini, dunia telekomunikasi Indonesia akan mencetak sejarah, yakni terbangunnya jaringan backbone fiber optik dari Sabang-Merauke sepanjang 81.831 km! Dua kali panjang keliling bumi! Dalam Broadband Plan Indonesia (BPI) ada 71% wilayah perkotaan yang mendapat layanan internet supercepat, dengan kecepatan 20 Mbps. Untuk wilayah pedesaan, 49% rumah tangga di pedesaan menikmati layanan broadband dengan kecepatan 10 Mbps.

Bayangkan seperti ini.

Kelas-kelas di ITB, UI, UNAIR, UGM, atau kampus-kampus terbaik lain, akan terhubung dengan sistem real-time video. Di sisi lain, para mahasiswa di mana pun, bisa berkumpul di ruangan-ruangan yang yang dilengkapi sistem yang sama, bisa saja difasilitasi pemerintah, kampus lokal, atau pihak swasta. Kedua pihak, pengajar dan mahasiswa, sudah terhubung dengan internet kecepatan tinggi. Saat para pengajar mengajar di Jakarta, Bandung, jogja atau Surabaya, ilmunya tak hanya bisa 'dinikmati' di ruang-ruang kelas di mana dosen itu mengajar, namun juga bisa tersebar seluas mungkin dengan bantuan internet kecepatan tinggi. Belajar jarak jauh yang real time ini, bisa jadi, menjadi solusi cepat mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di Indonesia.

Inilah era baru, yang memungkinkan 'kampus-kampus' terbaik akan tersebar di seluruh Indonesia. Mari kita manfaatkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini