Rasanya, mendaki gunung saat ini tidak hanya dilakukan oleh pecinta alam atau komunitas tertentu. Kegiatan ini justru bisa menjadi kegiatan favorit para pemuda yang mungkin masih berstatus pelajar. Contohnya saja si kecil Devania Syahla Almira asal Cimahi, Bandung atau yang akrab dipanggil Caca.

Caca yang sejak berumur 4 tahun sudah menaklukan beberapa gunung-gunung tinggi di Indonesia. kegigihan dari tubuh mungilnya ini diwariskan oleh kedua orangtuanya. Ayahnya adalah seorang pendaki dan pendiri salah satu komunitas pecinta alam di Cimahi, Jawa Barat. Beserta ibunya, mereka memotivasi Caca untuk menjelajahi alam Indonesia. Gunung apa saja, ya yang sudah didaki Caca?

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai menjadi sasaran pertama pendaki cilik di usia 4 tahun. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 MDPL. Perlu waktu 6-8 jam untuk mencapai puncak tertinggi di Jawa Barat ini.

Gunung Ciremai termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Pesonanya yang unik dan cantik membuat gunung ini sebagai salah satu tempat pendakian terfavorit para pendaki.

2. Gunung Guntur

Gunung Guntur berada di Garut, Jawa Barat. Gunung yang berketinggian 2.249 MDPL ini berjarak 7 kilometer dari pusat Kota Garut. Gunung Garut juga memiliki julukan sebagai “Semeru Mini” karena memiliki karakter trek berpasir dan kerikil layaknya Gunung Semeru.

Caca berhasil menaklukan gunung ini meskipun medannya dikenal berat karena tidak memiliki banyak pepohonan sehingga terlihat gundul dan tandus. Selain itu, gunung ini juga memiliki kemiringan yang curam dan stabilitas tanah yang tergolong labil atau rentan longsor.

Wah terdengar susah, ya? Makanya, banyak pendaki yang melakukan pendakian pada subuh, sore atau malam hari saat cuaca tidak terik.

3. Gunung Cikuray

Sama dengan Gunung Guntur, Gunung Cikuray juga berada di Garut, Jawa Barat. Lokasi gunung bertipe stratovolcano ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut. Dengan ketinggian 2.821 MDPL, Gunung Cikuray ini tidak memiliki kawah aktif.

Gunung yang didaki Caca ini termasuk gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Pangrango, dan Gede. Dengan posisi letaknya yang paling tinggi di Kabupaten Garut, kaki gunung ini menjadi tempat stasiun pemancar TV swasta dan TVRI loh!

4. Gunung Lawu

Gunung Lawu ini terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini berdiri kokoh di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur).

Caca berhasil mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.256 MDPL ini sekitar Mei 2016 lalu. Dengan mantel merah mudanya itu, Caca berfoto dengan papan bertuliskan Puncak Lawu dengan dihimpit dua wanita di samping kanan dan kirinya.

5. Gunung Merapi

Gunung yang baru-baru ini meletus, tepatnya pada Jumat (11/5) lalu, juga sudah ditinggali jejak kaki Caca. Caca berhasil mencapai puncak gunung setinggi 2.930 MDPL ini pada 28 April 2017. Gadis cilik asal Bandung itu mengaku dalam komentar fotonya di Instagram mendapatkan bonus lego setelah mencapai puncak Merapi ini. Menarik sekali, ya hadiah yang diperoleh Caca!

 6. Gunung Burangrang

Gunung yang berstatus gunung api mati ini terletak di Jawa Barat. Gunung setinggi 2.064 MDPL ini merupakan sisa hasil letusan besar Gunung Sunda di Zaman Prasejarah. Gunung Burangrang mempunyai kawasan hutan Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

7. Gunung Gede

Caca menambah koleksi gunung yang berhasil didakinya ini pada sekitar September 2017 lalu. Gunung setinggi 2.958 MDPL ini berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada 1980.

Lokasi Gunung Gede berada di Jawa Barat, tepatnya di tiga wilayah kabupaten. Kabupaten tersebut adalah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

8. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang berada di Jawa Barat, tepatnya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki trek yang relatif bisa dijadikan latihan sehingga cocok bagi para pemula untuk memulai mendaki gunung.

Pendaki akan dimanjakan dengan eksotisme pemandangan kota Bandung yang tampak indah dari ketinggian 1.587 MDPL.

9. Gunung Rinjani

Gunung terakhir yang didaki Caca pada Mei 2018 ini adalah Gunung Rinjani. Gunung yang baru-baru ini menjadi Taman Bumi Global UNESCO memiliki ketinggian 3.726 MDPL. Berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan Pulau Lombok bagian utara saat berada di puncaknya.  

Hebat sekali bukan gadis cilik ini? Dengan usianya yang masih sangat muda sudah berhasil mendaki banyak gunung di Indonesia. Kalau kamu, sudah berapa gunung yang pernah didaki?

Sumber: Blog Afifah Haq

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu