Marhaban ya Ramadan!

Berdasarkan sidang isbat yang sudah dilakukan pemerintah Indonesia, 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis (17/5). Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tentunya senang menyambut bulan penuh berkah ini.

Tapi ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, bahwa Indonesia tidak hanya dihuni oleh mereka yang beragama Islam saja. Melainkan juga ada agama-agama lain seperti Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, atau keyakinan yang lainnya.

Mereka yang bisa disebut nonmuslim ini tentunya mau tidak mau juga akan terkena suasana Ramadan, mengingat sebagian besar lingkungan mereka juga terdapat orang muslim. Hal inilah yang juga dirasakan Deddy Huang, seorang traveller dan blogger asal Palembang.

Deddy merupakan nonmuslim yang berada di lingkungan yang didominasi orang muslim. Kondisi tersebut nyatanya memberi dampak yang baik untuk dirinya, yaitu tumbuhnya rasa toleransi yang tinggi. Hal ini terbukti dari pengakuannya yang tidak terganggu  dengan suara azan yang setiap hari didengarnya selama 5 kali. Justru, ia kagum dengan muslim yang meluangkan waktu untuk menjalankan kewajiban salatnya tersebut.

Berkaitan soal Ramadan, Deddy turut menyambut bulan ini dengan baik. Ia turut rindu dengan bulan Ramadan. Suasana yang membuatnya rindu adalah tetangga muslim di dekat rumahnya yang mulai untuk berbenah rumah. Selain itu, ia juga menikmati alunan nasyid yang bersenandung menjelang berbuka puasa.

Layaknya muslim yang bertemu dengan bulan Ramadan, Deddy sebagai nonmuslim juga ikut belajar mempersiapkan diri. Bahkan ia sesekali ikut berpuasa untuk merasakan pengalaman rekannya yang berpuasa. Adapun hal lain yang bisa dilakukan nonmuslim saat Ramadan menurut Deddy adalah sebagai berikut.

1. Meminta Izin Saat Ingin Makan

Pernah merasakan susahnya menahan lapar dan haus seharian, membuat Deddy meminta izin saat ingin makan. Meski sebagian muslim merasa tidak masalah saat ada rekannya, baik muslim atau nonmuslim, yang sedang tidak puasa tapi makan di depannya, hal ini baik dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat kepada mereka yang sedang berpuasa.

2. Menanyakan atau Tidak Memberikan Tugas yang Menguras Tenaga kepada Rekan Kerja

Deddy yang juga mengerti jika berpuasa itu membuat fisik menjadi lelah, ia terlebih dahulu menanyakan kepada rekannya yang berpuasa saat ada tugas kerja. Bahkan kalau bisa, Deddy tidak memberikan rekannya pekerjaan yang bisa menguras tenaga agar mereka bisa tetap kuat melaksanakan puasa seharian.

3. Memahami Teman yang Agak Menjauh Saat Berdiskusi

Sebagai blogger kondang, Deddy tentunya sering sekali bertatap muka dengan rekan untuk berdiskusi. Saat puasa, ia sadar bahwa tidak makan dan minum satu hari penuh bisa menyebabkan nafas menjadi kurang sedap. Oleh karena itu, perlu untuk memahami bila rekan kerja yang berpuasa terkadang agak menjauh saat sedang berdiskusi. Jadi, jangan berpikiran negatif, ya!

4. Menemani Mencari Takjil

Salah satu hal yang juga bisa dilakukan dalam bulan Ramadan bagi nonmuslim adalah ikut menemani rekan dalam mencari takjil. Menjelang berbuka, di Palembang biasanya terdapat pasar Ramadan yang biasanya disebut Pasar Bedug. Pasar ini muncul untuk menjual menu buka puasa saat Ramadan. Selain menemani rekan mencari menu berbuka, Deddy juga merindukan Ragit, makanan khas Palembang yang hanya ada saat bulan Ramadan.

5. Ikut Buka Bersama

Bulan Ramadan tentunya identik dengan tawaran buka bersama. Deddy sebagai nonmuslim pun turut menantikan momen ini. Kegiatan ini bisa menumbuhkan kebahagiaan sederhana. Selain itu, momen ini juga bisa membuat rasa kekeluargaan jauh lebih erat. Katanya, seperti berbagi rasa menahan lapar seharian dan membukanya dengan yang manis.

Nah, itu tadi 5 hal yang biasa Deddy lakukan di bulan Ramadan sebagai nonmuslim. Senang sekali ya rasanya kalau antarsesama bisa saling toleransi dan menghargai seperti ini! Semoga dengan ini bisa menginspirasi Kawan GNFI baik yang muslim maupun nonmuslim untuk bisa menjaga kerukunan antarumat beragama di Indonesia ini!

Kalau kamu punya kegiatan lain yang bisa dilakukan nonmuslim saat bulan Ramadan, boleh loh meninggalkan komentar untuk tulisan ini!


Sumber: Kompasiana

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu