Garuda UNY kembali berprestasi di kancah Internasional. Tim Mobil Garuda UNY berhasil mendapatkan capaian ‘Grand Prix Hybrid Car Category’ pada kompetisi International Student Car Competition (ISCC) 2018 sebagai capaian paling tinggi dalam ajang tersebut. Event ini berlangsung pada 18-19 Mei 2018 di Paving Ground KATRI Songsan-Myun, Hwasong-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan yang dilaksanakan oleh Korean Automobile Testing and Research Institute (KATRI).

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dalam perlombaan ini, Garuda UNY dengan kendaraan Garuda Hybrid 2018 (GH-18) berhasil menempati 1st Acceleration, 1st Maneuver/Gymkhana Overall, dan 1st Endurance. Selain itu, Tim Mobil Garuda UNY juga mendapatkan “Best Of The Best Hybrid Car Category” yang sekaligus menjadi wujud konsistensi tim dalam mempertahankan gelar pada kategori kendaraan hybrid.

Gea Lurudancang selaku representative delegasi dan Ketua Tim menjelaskan bahwa pada perlombaan hari kedua merupakan pencapaian luar biasa bagi timnya, walaupun pada hari pertama sempat tertinggal oleh pesaing. “Hari ini sangat membahagiakan sekaligus terharu, walaupun pada race hari pertama kita sempat tertinggal oleh kompetitor, namun di hari kedua ini kami mampu merebut kembali posisi”, jelas Gea Lurudancang.

Febrianto Amri Ristadi, M.Eng.Sc. selaku advisor menyampaikan bahwa hari pertama kompetisi GUT mampu menempati posisi teratas pada acceleration electric 11.800 s dan acceleration hybrid 9.890 s. Kemudian dilanjutkan dengan maneuver yang dilakukan dua kali yang memperoleh best time 23. 860 s. Saat bersamaan pada perlombaan hari kedua, Tim turut memperoleh hasil terbaik pada penilaian endurance.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Menurut Dicky Putra Kurniawan selaku Racer, permainan strategilah yang sangat berperan dalam penentuan hasil endurance. “Alhamdulillah kami selalu menerapkan strategi dalam endurance ini, saat akselerasi dan maneuver sudah mencapai best time, kami juga harus mengejar endurance dengan menyelesaikan 15 Lap dalam waktu 22 Menit. Pada maneuver ini kita butuh konsentrasi penuh dan harus benar-benar memahami track,” jelas Dicky.

Drs. Agus Santoso, M. Pd. selaku Wakil Dekan II Fakultas Teknik yang ikut mendampingi selama acara kompetisi ini turut menyampaikan apresiasinya. Beliau pun menuturkan bahwa yang paling utama adalah kekompakan tim dan selalu berjuang hingga titik darah penghabisan. “Kami selaku pengurus fakultas mengucapkan terima kasih karena kalian telah berjuang sampai titik penghabisan. Yakin bahwa kalian mampu itulah yang paling utama. Harapan saya, kebersamaan dan kekeluargaan tetap selalu terjalin diantara kita. Fakultas turut bangga dan serta doa menjadi yang utama,” ungkap Drs. Agus Santoso, M. Pd. selaku WD II Fakultas Teknik.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Disesi akhir, Gea lurudancang selaku ketua Tim turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung tim berkompetisi. “Terima kasih kepada seluruh teman-teman GUT, Civitas Akademika UNY, serta seluruh sponsor dan media partner yang telah mendukung dan mendoakan tim delegasi dengan support full sehingga dapat memberikan aura semangat dan mencapai target yang diharapkan,” jelas Gea.

Kesuksesan tim Garuda UNY tak lepas dari sokongan baik dari pihak kampus, maupun sponsor dan media partner yang telah mendukung tim Mobil Garuda UNY sebelum dan selama berkompetisi, antara lain Motul, FDR, Garuda Indonesia, Yamaha, ISTW, Stadion Maguwoharjo, CV. Wahana Karya, IKATO, Yuasa, Igus, Solidworks, Manual Tech, Bies, Bengkel Idek, Citra Jogja Kreasi, SKF Indonesia, Bank Mandiri dan Jogja Tronik.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu