Bukan Hanya Bintang Film, 5 Penulis Indonesia Ini Juga Go Internasional Loh

Bukan Hanya Bintang Film, 5 Penulis Indonesia Ini Juga Go Internasional Loh
info gambar utama

Menghasilkan tulisan yang bagus dan disukai semua kalangan adalah tantangan tersendiri dan tidak semua orang bisa menghasilkan tulisan yang dapat mengambil rasa dari si pembaca itu sendiri. Berprofesi sebagai penulis belum menjadi profesi yang populer di masyarakat. Padahal jika Anda bisa menggali potensi menulis, itu merupakan profesi yang mulia. Anda bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti kata Pramoedya Ananta Toer "menulislah maka kau akan dikenang"

Minat baca dan menulis masyarakat Indonesia memang rendah. Namun jangan meremehkan. Ada loh anak bangsa yang karyanya sudah terbit di kancah Internasional.

Inilah 5 Penulis yang karyanya diterbitkan secara Internasional.

1. Pramoedya Ananta Toer

Pecinta karya tulis pasti tidak asing dengan nama ini. Karyanya sudah leboh dari 50 buku dan telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa asing. Penulis yang akrab disapa Pram ini lahir Blora pada tahun 1925. Beliau adalah putra sulung dari seorang kepala sekolah Institut Budi Oetomo. Diantara karyanya yang dikenal adalah Tetralogi Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca) adalah karya yang beliau buat selama masa pembuangannya di Pulau Buru. Beliau wafat 30 April 2006 pukul 08.55 dalam usia 81 tahun.

2. Andrea Hirata

Beliau adalah penulis novel fenomenal laskar pelangi. Penulis ini lahir di Belitung 24 Oktober 1967. Bukan hanya laskar pelangi. Diantara karyanya yang terkenal adalah Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Kaprov. Namun, dari novel laskar pelangi lah namanya mulai melambung dan diterjemahkan kedalam 21 bahasa asing dan meraih berbagai macam penghargaan.

3. Haburrahman El Shirazy

Beliau adalah seorang dai dan novelis yang namanya sudah dikenal di beberapa negara. Namanya melambung sejak karyanya yang berjudul Ayat Ayat Cinta diangkat ke layar lebar. Setelah itu banyak karya karyanya yang juga diangkat ke layar kaca. Kang Abik pernah menempuh studi di Kairo Mesir. Beliau lahir di Semarang 30 September 1976. Bukan hanya novel, karyanya juga ada yang berbentuk puisi, sastra bahkan film yang diadaptasi dari novelnya sendiri.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Buku Wallpaper | Penulis Artikel

4. Buya Hamka

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan HAMKA adalah seorang ulama, sastrawan, sejarawan, dan juga politikus yang sangat terkenal di Indonesia. Beliau merupakan orang yang kreatif yang menghasilkan novel dan cerpen. Diantaranya yang terkenal dan telah diangkat ke layar lebar adalah tenggelamnya kapal van der wick.

5. Chairil Anwar

Siapa yang tidak kenal penulis ini. Beliau mulai terkenal dalam dunia sastra setelah pemuatan puisinya yang berjudul Nisan pada tahun. Meskipun wafat disaat usia yang sangat muda yakni 27 tahun, belum pasti penyebab beliau wafat diusia tersebut. Namun karyanya sangat melegenda. Sehingga siapapun pecinta sastra pasti mengenal sosok chairil Anwar.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MH
VA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini