Kisah Sukses Biskuit Halal Milik Kokola Group Yang Menjadi Biskuit Paling Digemari Mancanegara

Kisah Sukses Biskuit Halal Milik Kokola Group Yang Menjadi Biskuit Paling Digemari Mancanegara
info gambar utama

Produk-produk halal asal Indonesia ternyata saat ini paling banyak digemari pasar mancanegara. Minat pasar Internasional yang tinggi akan produk berlabel halal tersebut, pernah diungkapkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Menurut Kementrian Agama RI, peningkatan ekspor terjadi pada produk-produk makanan kemasan dengan label halal sejak tahun 2010 hingga saat ini.

Tercatat sebanyak 468,84 juta US dollar nilai ekspor untuk produk halal di jangka waktu 2010 hingga 2014. Dimana terjadi peningkatan 62,88% dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Begitu juga memasuki 2014 hingga 2015 mengalami peningkatan 5,37%.

Myanmar, Philipina, Arab Saudi, Rusia, Jepang, Dubai, Singapura, Kanada, serta Malaysia menjadi negara-negara peminat tertinggi akan produk halal Indonesia seperti yang pernah di ungkapkan oleh Kementrian Agama RI.

Kisah Kokola Akan Hapus Label Halal

Tren market mancanegara yang mulai menyukai produk makanan halal dari Indonesia juga pernah diungkapkan oleh Managing Directror PT MGFI (Kokola Group) Richard Cahadi. "Dimana saat itu pihak Kokola akan menghapus seluruh label halal pada produk-produk biskuit dan wafer Kokola yang akan diekspor keluar negeri, akan tetapi pihak importir justru mempersyaratkan label halal tersebut harus ada di setiap produk Kokola" tutur Richard.

Richard juga menjelaskan bahwa saat ini label halal sudah menjadi persyaratan penting untuk ekspor ke market internasional. Bahkan tagar Kokola Halal hingga saat ini menjadi tagar wajib yang dipakai untuk seluruh produk Kokola.

Adanya peningkatan permintaan pasar mancanegara terhadap produk-produk halal Indonesia tersebut semakin membuat Kokola Group memperkuat seluruh segmen market baik yang berskala nasional maupun internasional. "Presiden Joko Widodo juga pernah memberi himbauan untuk seluruh pelaku usaha di Indonesia agar lebih aktif dalam kegiatan ekspor. Namun tidak hanya di ekspor bahan-bahan mentah atau komoditi saja, akan tetapi juga untuk ekspor olahan pangan atau olahan jadi seperti biskuit Kokola" jelas Richard.

Dari Pameran Daerah Hingga Mancanegara

Perubahan Kokola ke era industri modern juga sangat terlihat jelas dibawah kepemimpinan Richard Cahadi. Seluruh segmen market yang dulunya belum tersentuh oleh biskuit halal tersebut, pada saat ini sudah semakin diperkuat.

Bahkan perusahaan biskuit asal Gresik yang terkenal dengan moto BKBI (Biskuit Kokola, Biskuitnya Indonesia) ini dulunya hanya mengikuti pameran-pameran produk makanan berskala nasional saja, namun saat ini sudah berkembang hingga ke pameran-pameran dengan skala internasional.

Contohnya seperti Dubai, Korea dan China. Bahkan pada pameran terakhir di China, produk-produk kemasan Kokola menjadi produk terpilih dengan desain terbaik dan dipajang pada area masuk pameran oleh panitia pameran di negara tersebut. Tidak hanya di situ saja, untuk memperluas jangkauan produk biskuit halal asal Indonesia di dunia Internasional, kabarnya dalam waktu dekat ini Kokola Group akan membuka pabrik baru di negara Vietnam.


Sumber: www.kokola.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini