Bertepatan dengan Bulan Ramadhan 2018/1439 H, PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kembali menyelenggarakan acara tahunan Jakarta Fair 2018, yang akan berlangsung selama 40 hari di Area Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Event ini akan digelar mulai tanggal 23 Mei hingga 1 Juli 2018 mendatang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno (Sandi) mengatakan, keinginannya agar Jakarta Fair Kemayoran juga bisa mendongkrak perekonomian Jakarta.

“Kalau berbicara Jakarta Fair, ini kelasnya sudah se-Asia Tenggara. Saya berharap acara ini bisa menyerap sebanyak 40.000 tenaga kerja dalam 40 hari penyelenggaraannya," kata Sandi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Tahun ini adalah yang ke-51 kalinya Jakarta Fair diselenggarakan sejak tahun 1968. Gelaran ini secara rutin diselenggarakan tiap tahun tanpa pernah terputus meski dalam suasana bulan suci Ramadhan maupun libur lebaran.

Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2018 mengambil tema “Jakarta Fair Turut Berjuang Mensukseskan MICE Indonesia Dalam Proses Pembangunan Ekonomi Nasional”. Dengan Sub Tema “Marilah Bersama-sama Saling Mengisi Dan Saling Berlomba Mengurangi Kesenjangan Serta Memajukan Bangsa dan Negara Indonesia Tercinta”.

Tema ini diambil karena Jakarta Fair Kemayoran merupakan salah satu pencetus ajang pameran multi produk terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia Tenggara. Di samping itu, Jakarta Fair Kemayoran juga merupakan salah satu tolak ukur perkembangan industri MICE di Indonesia.

Pameran Multiproduk

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti 2700 perusahaan peserta dalam 1500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon khas Jakarta Fair. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha, baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari seluruh Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3, yang juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempati satu area yang berlokasi di Hall-C1, memamerkan berbagai program pemerintah provinsi, membuka berbagai layanan publik, dan juga ada panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta.

Panitia Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi. Area ini diperuntukan sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal dan juga pameran kerajinan khas Betawi, lokasinya di dekat pintu masuk F Arena Jakarta International Expo.

"Ada juga terdapat area Kuliner nusantara yang menjajakan berbagai macam kuliner khas nusantara berlokasi di Belakang Hall D dan juga Kampung Betawi yang menyajikan kuliner khas Betawi," tambah Ralph Scheunemann, Marketing Director PT JIExpo.

Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sejumlah peningkatan berupa sarana dan prasarana juga dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk terus meningkatkan kenyamanan bagi seluruh pengunjung. Panitia menjamin kebersihan arena pameran yang berstandar internasional, menyiapkan ratusan toilet dan urinoir yang tersebar di setiap sudut.

Pihak panitia penyelenggara juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan keamanan dan kelancaran lalu lintas menuju Jakarta Fair Kemayoran. Selain itu juga menyiapkan sarana parkir yang mampu menampung puluhan ribu kendaraan roda dua dan juga roda empat.

Namun jika arus lalu-lintas sedang padat ,para pengunjung tak perlu repot membawa kendaraan pribadi, karena panitia telah menyiapkan berbagai alternatif yang sangat memudahkan, diantaranya terdapat fasilitas transportasi Bus Transjakarta yang memiliki rute langsung menuju ke halte Pintu-2 area Jakarta Fair Kemayoran.

Jakarta Fair Kemayoran 2018 dibuka setiap hari. Khusus Senin hingga Kamis dibuka dari pukul 15.30 - 22.00 WIB. Sedangkan Jumat pada pukul 15.30 - 23.00 WIB. Kemudian Sabtu, Minggu dan hari libur nasional dari pukul 10.00 - 23.00 WIB. Sementara harga tiket, Senin sebesar Rp 25.000, Selasa sampai Kamis Rp 30.000, Jumat hingga Minggu sebesar Rp 35.000.


Sumber: Hasil Kerjasama Jakarta Fair 2018 dan GNFI

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu