Tengkleng, Sajian Khas Solo yang Menggugah Selera

Tengkleng, Sajian Khas Solo yang Menggugah Selera
info gambar utama

Siapa yang tak kenal Tengkleng, sajian istimewa khas Solo Jawa Tengah tersebut telah menjadi hidangan wajib yang dicari para wisatawan saat berkunjung ke Solo. Sebagai kota budaya, Solo juga memiliki santapan kuliner dengan cita rasa luar biasa. Tengkleng salah satunya.

Ciri khas utama yang dimiliki Tengkleng terletak pada bahan dasarnya. Tidak hanya menggunakan tulang belulang dan tetelan kambing, Tengkleng juga menggunakan jeroan dan, bahkan, bagian kepala kambing.

Tengkleng Khas Solo
info gambar

Dalam olahannya, Tengkleng memiliki cara khusus ketika dimasak, sehingga daging yang menempel pada hidangan Tengkleng tidak alot dan mudah lepas. Kuah segar yang dimiliki Tengkleng juga dipadu dengan bumbu rempah yang khas, maka tak heran jika aroma dan rasanya jelas menggugah selera. Kuah yang disajikan pada Tengkleng pun hampir sama dengan gulai, namun cenderung lebih bening sebab tidak menggunakan santan.

Sebagai sebuah sajian daerah, Tengkleng memiliki sejarah yang tak kalah menarik. Konon Tengkleng telah hadir dan menjadi makanan istimewa di Solo sejak abad ke-19. Saat itu, mulanya yang boleh menikmati daging kambing hanyalah golongan priyayi, bangsawan Solo, dan orang-orang Belanda. Para pekerja dan tukang masak cukup memperoleh bagian sisa, seperti kepala, kaki, tulang, dan mata serta jeroan.

Namun tak hilang akal, para juru masak justru mengolah sisa-sisa tersebut ke dalam sebuah olahan yang melezatkan yakni Tengkleng. Dibarengi dengan bumbu yang sedap, Tengkleng hadir menjadi hidangan mewah yang mengalahkan sajian daging kambing sesungguhnya. Oleh sebab itu, tak heran sampai di hari ini Tengkleng terus menjadi kuliner khas Solo yang diminati juga dicari banyak kalangan. Semua orang pun bisa merasakan dan menikmatinya.

Tengkleng Yang Disajikan Dengan Nasi Hangat Di Atas Daun Pisang
info gambar

Di Solo berbagai macam warung, rumah makan, hingga restoran terkemuka menjajakan Tengkleng sebagai menu utama yang siap disantap. Bahkan di beberapa tempat, pengunjung bisa memilih bagian yang mereka inginkan untuk dilahap layaknya tulang iga, kaki, mata, kuping, lidah, sum-sum, atau otak. Memang terkesan sedikit menakutkan, tapi itulah menariknya Tengkleng.

Salah Satu Warung Makan Tengkleng Terkemuka di Solo
info gambar

Wah, jadi tertarik ya untuk mencicipi langsung Tengkleng khas Solo. Selamat mencoba!


Sumber: Solo Event

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini