Viral, Video Pemasangan Kepala Patung Dewa Wisnu Seberat 4 Ton di GWK Bali


Viral, Video Pemasangan Kepala Patung Dewa Wisnu Seberat 4 Ton di GWK Bali

info gambar utama

Video yang diunggah seniman Nyoman Nuarta melalui akun Instagramnya, @nyoman_nuarta, viral minggu ini.

Tak tanggung-tanggung, bobot kepala patung itu mencapai 4 ton. Pemasangan dilakukan pada Minggu (13/5/2018), dengan menggunakan crane. Video ini dibagikan secara luas oleh para warganet dan telah ditonton lebih dari 2,7 juta kali.

Saat dihubungi Kompas.com,Nyoman, yang merupakan seniman penggagas pembuatan patung GWK, mengisahkan proses pengangkatan patung setinggi 121 meter ini.

Pengankatan kepala wisnu dgn berat kurang lebih 4 ton

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta) on

“Diangkat menggunakan crane, sementara crane tidak bisa dioperasikan jika kecepatan angin melebihi 10 km/jam. Berbahaya. Kemarin itu kecepatan angin stabil, jadi pengangkatan bagian kepala ini aman dilakukan,” kata seniman lulusan Seni Rupa ITB itu, Selasa (15/5/2018) siang.

Seluruh bagian patung Wisnu dibuat di Bandung dalam bentuk potongan-potongan berukuran 3x4 m.

Alasannya, seluruh seniman yang terlibat dalam pembuatan patung GWK berada di Bandung.

Pemasangan Kepala Patung Wisnu GWK Bali. Image: Phinemo.com
info gambar


“Satu tubuh itu terdiri dari 754 modul, bagian kepala tidak dipisah-pisah, dia utuh. Yang dipisah-pisah bagian tubuhnya. Kemudian, dari Bandung diangkut menggunakan 500 truk tronton ke Bali,” kata Nyoman.

Proses pembangunan patung GWK telah dilakukan sejak 1990. Kini sudah selesai sekitar 70 persen.

Rencananya, patung GWK akan selesai pada Agustus 2018, dan dijadikan persembahan bagi kemerdekaan ke-73 tahun Republik Indonesia. GWK akan menjadi patung tembaga terbesar di dunia.

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) terlihat seusai proses pemasangan bagian Mahkota Dewa Wisnu di Ungasan, Badung, Bali, Minggu (20/5/2018). Image: Antara Foto/Fikri Yusuf
info gambar

"Cita-cita kita bersama akhirnya bisa tercapai, ini merupakan karya luar biasa. Ini akan jadi kebanggaan rakyat Bali, kebanggaan Bangsa Indonesia, semoga tahapan ke depannya berjalan lancar sesuai dengan harapan kita bersama," ujar Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada Kompas.com, ketika menghadiri ritual "pasupati" di pelataran Patung GWK sekaligus pemasangan mahkota Dewa Wisnu pada Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Badung, Minggu (20/5/2018).

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini