Kuliner Lokal Khas Bengkulu Selatan Jadi Andalan di Bulan Ramadan

Kuliner Lokal Khas Bengkulu Selatan Jadi Andalan di Bulan Ramadan
info gambar utama

Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu daerah yang hendaknya wajib dikunjungi. Berada di pesisir selatan Pulau Sumatera, Bengkulu Selatan menyimpan segudang pesona alam maupun budaya yang sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya itu saja, Bengkulu Selatan juga memiliki wisata kuliner khas tradisional yang menggiurkan banyak kalangan. Apalagi di momen puasa saat ini menjadi ajang yang tepat untuk kembali mengenang dan mengenal kuliner lokal tersebut.

Pendap, Bungkul, Bay Tat, Bagar Hiu, dan Gelamai merupakan beberapa jenis makanan Bengkulu Selatan yang digemari banyak wisatawan. Seperti yang diulas CNN Indonesia, makanan tradisional khas Bengkulu Selatan tersebut memiliki rasa yang unik dan mampu menjadi magnet tersendiri bagi turis untuk kembali berkunjung ke sana.

Salah satunya Pendap, yang hingga kini masih menjadi makanan yang diminati oleh wisatawan di Bengkulu Selatan, juga menjadi favorit banyak kalangan di bulan puasa. Pendap merupakan Ikan Pais yang memiliki kesamaan dengan pepes ikan. Bedanya, Pendap dimasak dengan cita rasa Sumatera yang khas, dipadu daun talas sebagai pembungkusnya. Rasanya yang pedas dan gurih mampu membuat orang ketagihan, maka tak heran jika Pendap juga menjadi salah satu kuliner yang tenar di beberapa negara seperti Australia, Belgia, Jepang, dan beberapa negara lain.

Pendap Sajian Lezat Khas Bengkulu Selatan
info gambar

Tak hanya memiliki cita rasa yang khas, Pendap juga mempunyai banyak kandungan gizi yang pastinya sehat untuk tubuh. Oleh sebab itu, banyak kalangan yang menjadikan Pendap sebagai salah hidangan wajib saat berbuka puasa. Bahkan Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno sangat menyukai Pendap dan menjadikan Pendap sebagai sajian favorit saat menjalani masa pengasingan di Bengkulu pada tahun 1938-1942. Anak dari Ir Soekarno, Megawati Soekarno Putri pun juga menjadikan Pendap sebagai konsumsi wajib yang harus ia nikmati saat berkunjung ke Bengkulu.

Pendap yang Digemari Banyak Kalangan
info gambar

Wah jadi penasaran ya dengan cita rasa yang dimiliki Pendap! Semoga kawan GNFI memiliki kesempatan untuk datang dan berkunjung ke Bengkulu Selatan ya, guna menikmati pesona alam di sana sembari menikmati kulinernya yang menggiurkan.


Sumber: CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini