Kuliner Ini Punya Nama yang Berbeda di Setiap Daerah. Apa Nama di Daerahmu?

Kuliner Ini Punya Nama yang Berbeda di Setiap Daerah. Apa Nama di Daerahmu?
info gambar utama

Kuliner yang ada di Indonesia sangat beragam. Dari yang manis, hingga yang asin. Dari yang basah, sampai yang kering. Begitu pula dengan warna-warna yang beragam, ada merah, hijau, kuning, cokelat, dan lain-lain. Sama juga seperti beberapa jajanan dan minuman di setiap daerah yang memiliki beragam nama, beda pulau-beda sebutannya, beberapa kuliner di bawah ini pastinya sudah tak asing lagi, bahkan kawan GNFI sudah sering memakan atau meminumnya.

Bala-bala atau Ote-ote

sumber : vemale
info gambar

Jajanan ini memiliki lebih dari 2 nama. Bahkan dipulau jawa sendiri, makanan ini memiliki 4 nama. Di Bandung, jajanan ini dinamakan Bala-bala. Geser ke Yogyakarta, nama jajanan yang di goreng ini menjadi Bakwan. Di Jawa Timur panggilan gorengan ini ada 2 : Ote-ote di Surabaya & Sidoarjo, sedangkan di Malang adalah Weci. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung dan berbagai sayuran yang diiris kecil-kecil. Biasanya ditambahkan petis atau rawit saat menikmati makanan ini.

Mie Ayam dan Pangsit Mie

sumber : royco
info gambar

Walaupun bahan utama dari makanan ini sama, yaitu mie, namun makanan ini memiliki 2 nama yang berbeda. Terkadang pembeli juga kebingungan membedakan Mie Ayam dan Pangsit Mie. Namun ada yang berpendapat jika keduanya itu makanan yang sama, tergantung penjual yang menamai menunya. Pendapat lainnya ada yang membedakan 2 nama menu tersebut, ada isian tambahan di pangsit mie, yaitu siomay dan kuahnya lebih bening. Menurut Kawan GNFI, lebih suka menamai Mie Ayam atau Pangsit Mie nih?

Es Dawet atau Es Cendol

sumber : pegipegi
info gambar

Dengan komposisi yang sama, yaitu tepung beras, campuran santan, gula jawa/merah, dan pandan, Es Dawet atau Cendol benar-benar membuat orang yang melihat segera ingin menikmatinya. Es Dawet ternyata juga punya sebutan berbeda. Warga sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya dengan nama es dawet, sedangkan jawa barat menyebutnya es cendol. Namun apapun namanya, bahan-bahan yang dipakai sama saja.

Klepon atau Ondeh-Ondeh

sumber : selerasa
info gambar

Kawan GNFI yang berada di Jawa Timur, khususnya Pasuruan, pasti tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Kuliner nikmat ini dinamakan Klepon di pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur. Terbuat dari tepung, dengan isian gula jawa, dan kelapa sebagai penyedapnya. Namun untuk masyarakat Sumatera, mereka menamainya dengan sebutan Ondeh-Ondeh, walaupun namanya sama dengan salah satu jajanan khas mojokerto. Jajanan ini juga disebut dengan Ondeh-ondeh di Malaysia dan Singapore.

sumber : vemale, pegipegi, selerasa, funzing

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini