Cerita Panji merupakan kumpulan cerita era Jawa periode klasik. Isi ceritanya tentang kepahlawanan dan cinta, dengan tokoh utamanya Raden Inu Kertapati (Panji Asmarabangun) dan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana). Beberapa cerita rakyat seperti Keong Mas, Ande-Ande Lumut, dan Golek Kencana merupakan turunan dari cerita ini. Cerita Panji ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Memory of the World (MoW) pada bulan Oktober 2017 yang baru lalu.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Kesenian Panji Remeng (© Budaya Panji)

Diberitakan oleh Tempo, Indonesia akan menggelar Festival Panji Internasional untuk pertama kalinya. Festival ini turut diramaikan peserta dari Kamboja dan Thailand yang akan berlangsung 27 Juni hingga 13 Juli 2018. Festival Panji ini juga disebut Inou Asia akan digelar di 5 kota sekaligus. Dilansir dari Budaya Panji, kota-kota tersebut dimulai dari Denpasar Bali (28-29/6), menyeberang ke Jawa Timur dengan awal pertunjukan di amphitheatre Taman Candra Wilwatikta Pandaan – Pasuruan (1/7), kemudian bergeser ke Malang (2/7), Blitar (3/7), Tulungagung (4/7) dan Kediri (5/7). Rangkaian acara yang serupa kemudian diselenggarakan di Yogyakarta dan berakhir di Jakarta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Kesenian Panel Komik Panji (© Budaya Panji)
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
COLLECTIE TROPENMUSEUM Prins Panji in een hof met drievrouwen (© Budaya Panji)

Acara ini diselenggarakan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, yan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung dan Kab. Kediri.


Sumber: TempoBudaya PanjiTribun News

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu