Hari ini hari ulang tahunmu. Selain merayakan bersama keluarga dan teman-teman, kamu ingin merayakannya bersama orang-orang yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk merayakan hari ulang tahun mereka sendiri.

“Untuk waktu yang lama, saya ingin merayakan ulang tahun untuk kebaikan sesama, terutama bersama anak-anak atau masyarakat yang kurang mampu. Tapi, saya tidak tahu harus mulai dari mana, siapa yang harus dihubungi, dan bagaimana mempersiapkan acara tersebut,” kata Catherine Vital pada Our Better World, program kisah inspiratif dari Singapore International Foundation.

Rayakan pestamu bersama MyBirthday Foundation. Image: Our Better World
Rayakan pestamu bersama MyBirthday Foundation. Image: Our Better World

Hal ini menginspirasi Catherine untuk mendirikan MyBirthday Foundation. Berpusat di Manila, Filipina, MyBirthday Foundation bertujuan untuk membantu mereka yang ingin merayakan ulang tahun untuk kebaikan sesama atau isu sosial tertentu.

MyBirthday Foundation bekerja sama dengan badan amal dan institusi untuk menyelenggarakan pesta tersebut. Mereka yang menjadi donor dapat berpartisipasi dalam acara tersebut, serta mengundang teman dan anggota keluarga.

Merayakan pesta ulang tahun bersama anak-anak di the Philippine Children's Medical Center. Foto: Our Better World
Merayakan pesta ulang tahun bersama anak-anak di the Philippine Children's Medical Center. Foto: Our Better World

Menurut Catherine, MyBirthday Foundation kini tidak hanya membantu menyelenggarakan pesta perayaan ulang tahun, tetapi juga hari jadi, atau acara khusus lainnya, bersama dengan berbagai segmen masyarakat, seperti anak-anak, tahanan, dan orang tua.

Para pendonor juga dapat mendukung isu sosial tertentu, seperti melindungi lingkungan dengan menanam pohon atau membersihkan pantai.

Dengan jaringan yang semakin meluas, MyBirthday Foundation juga mengundang orang-orang dari seluruh dunia untuk menyelenggarakan pesta mereka bersama yayasan ini untuk kebaikan di Filipina.

Contohnya, Leedel, seorang ibu asal Filipina yang bekerja di Doha, Qatar, yang mendonasikan sejumlah dana untuk MyBirthday Foundation. Ia memimta agar dana tersebut dialokasikan untuk pesta ulang tahun bersama anak-anak di Philippine Children’s Medical Center.

Ketika melihat anak-anak dalam video, ia seketika bercucuran air mata, “Meskipun mereka merasakan sakit, mereka masih bisa tersenyum.”

  

A story by Our Better World – telling stories of good to inspire action. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu