ASIAN Games 2018 Bakal Difasilitasi Koneksi Internet 5G

ASIAN Games 2018 Bakal Difasilitasi Koneksi Internet 5G

© Chuttersnap / unsplash.com

Agustus mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah gelaran olahraga akbar se-Asia, Asian Games 2018. Dalam gelaran olahraga edisi ke 18 itu Indonesia akan menyambut berbagai kontingen dan delegasi dari 45 negara. Untuk itu panitia menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan para tamu itu, salah satunya adalah dengan memberikan akses internet berkecepatan mencapai 960 Mbps.

Diberitakan oleh Bisnis.com (30/5) PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tengah menyediakan internet kecepatan tinggi tersebut melalui jaringan 5G. Uji coba telah dilakukan untuk menjamin kelancaran penggunaan fasilitas ini untuk ajang Asian Games mulai 18 Agustus mendatang.

Untuk menyediakan fasilitas ini Telkomsel menggunakan teknologi Time Division Duplexing (TDD) dan Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO). Kedua teknologi ini nantinya akan mampu menjamin optimalisasi penggunaan Base Transceiver Station (BTS) sehingga mampu untuk mengirim dan menerima lebih dari satu sinyal data secara bersamaan dalam kanal radio yang sama. Teknologi ini juga memungkinkan untuk akses data mencapai kecepatan mendekati kualitas 5G, yakni 960 Mbps.

"Teknologi TDD Massive MIMO akan dapat meningkatkan kecepatan dan efesiensi spektrum, sehingga semakin banyak pelanggan yang akan dapat merasakan kecepatan maksimum LTE pada saat bersamaa di suatu lokasi," ujar Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan.

Lewat fasilitas ini setiap kontingen, perwakilan maupun masyarakat yang hadir akan bisa menikmati fasilitas internet dengan lebih prima. Kemudahan untuk menggunakan media sosial dan melakukan video streaming akan jauh lebih lancar. Di samping itu, Telkomsel juga memberikan layanan lain berupa pesan instan, layanan suara, dan SMS tentang berita-berita perkembangan even secara real time.

Penyediaan fasilitas internet cepat ini tidak hanya dilakukan di Jakarta tetapi juga di Palembang. Total infrastruktur yang dipersiapkan untuk fasilitas internet ini mencapai 175 titik. 51 titik di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Bandung dan Stadion Jakabaring Palembang. Kemudian 59 titik di luar arena pertandingan yakni di media center, broadcast center, serta tempat penginapan atlet dan jurnalis. Terakhir, 65 titik berada di lokasi penyangga even atau lokasi keramaian publik seperti pusat perbelanjaan dan bandara.

Bob menjelaskan bahwa Telkomsel telah siap 90% untuk memfasilitasi para kontingen dari berbagai negara. Dirinya berharap persiapan dapat segera selesai di titik-titik vital Jabodetabek, Jawa Barat dan Palembang.

Konektifitas 5G sendiri merupakan jaringan seluler nirkabel komersial generasi kelima. Teknologi ini akan mampu mengirimkan data dengan kecepatan tinggi mencapai 20Gbps dan akan banyak digunakan untuk keperluan industri seperti Internet of Things (IoT). Berbagai negara saat ini sedang melakukan percobaan untuk penerapan teknologi ini secara masal, termasuk Indonesia.

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Garda Pangan: Kawal Makanan Sebelum Berakhir di Tempat Sampah Sebelummnya

Garda Pangan: Kawal Makanan Sebelum Berakhir di Tempat Sampah

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon Selanjutnya

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

Seorang copywriter dan penulis konten yang berusaha menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.