Memanjakan Mata dengan Wisata Kampung Penas Tanggul, Kampung Bebas Rokok Pertama di Jakarta

Memanjakan Mata dengan Wisata Kampung Penas Tanggul, Kampung Bebas Rokok Pertama di Jakarta

https://photo.sindonews.com/view/25157/warna-warni-kampung-penas-tanggul-cipinang © Djuli Pamungkas

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Kampung Penas Tanggul merupakan salah satu perkampungan di Jakarta yang terletak di kawasan Cipinang Besar Selatan. Saat ini daerah tersebut lebih dikenal dengan nama Kampung Warna-Warni dan Tanpa Rokok.

Tak heran, kampung yang telah diresmikan pada tanggal 10 Juni tahun 2017 lalu memang telah berbenah menjadi kampung yang unik juga menarik. Aneka rumah telah berubah warna menjadi lebih cerah dan segar. Oleh sebab itu, tak salah pula jika Kampung Penas Tanggul menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi warga Jakarta guna melihat keindahan Jakarta melalui sisi yang berbeda.

Seperti yang tertulis di Kumparan, salah seorang warga setempat menyatakan bahwa kini Kampung Penas Tanggul telah berubah dari era sebelumnya. Tepatnya pada tahun 1985, pemukiman di sana hanya sebatas tanah kosong yang digunakan sebagai tanah pengairan. Rumah-rumah warga pun masih sangat sederhana, yang terdiri atas papan dan triplek. Lambat laun, datanglah beberapa penghuni lain dari Tegal dan Sunda yang membangun rumah lebih layak di kawasan tersebut.

Aktivitas Salah Seorang Bocah di Kawasan Kampung Penas Tanggul
Aktivitas Salah Seorang Bocah di Kawasan Kampung Penas Tanggul

Saat musim hujan, tak bisa dipungkiri bahwa volume air di Kampung Penas Tanggul menjadi meningkat dan mampu menyebabkan banjir. Bahkan di tahun 2002 juga 2007 pernah terjadi bencana banjir hebat yang melanda kawasan tersebut. Namun, kini sejak adanya Banjir Kanal Timur (BKT) volume air di daerah sekitar tidak lagi mengalami peningkatan, sehingga banjir pun dapat ditanggulangi dengan baik.

Bisa dikatakan, seiring berjalannya waktu daerah Kampung Penas Tanggul tidak lagi menjadi daerah pemukiman kumuh yang terlihat kotor juga tidak menarik. Semenjak adanya ajakan dari LSM FAKTA (Forum Kota Warga Jakarta) yang menghimbau warga untuk mengecat rumah mereka dengan warna cerah, membuat masyarakat kian sumringah melihat kampung mereka terlihat lebih bersih juga unik.

Adanya pagar besi yang terpasang di sepanjang pinggiran sungai juga berjejernya beberapa tanaman hias di sekitar, menambah asri dan hijaunya kawasan tersebut. Bahkan warga tak menampik, sejak menjadi kampung warna-warni, Kampung Penas Tanggul selalu ramai didatangi pengunjung. Mereka tak hanya ingin berfoto, namun juga ingin melihat kegiatan warga dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kondisi Pemukiman Kampung Penas Tanggul yang Unik
Kondisi Pemukiman Kampung Penas Tanggul yang Unik

Lebih dari itu, Kampung Penas Tanggul juga menjadi salah satu kawasan bebas asap rokok pertama yang ada di Jakarta. Tak heran jika situasi sirkulasi udara di daerah tersebut masih terjaga dengan cukup baik.

Kondisi tersebut lah yang kemudian memotivasi warga setempat untuk terus mengembangkan wisata Kampung Warna-Warni sebagai sebuah inovasi kekinian masyarakat, yang hadir di tengah hiruk pikuk kota metropolitan.

Wah, hebat sekali ya! Ternyata ada pula yang masih peduli untuk turut memberikan kontribusi secara nyata bagi daerah tinggalnya. Kalau kawan GNFI bagaimana?

Sumber: Kumparan

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga45%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang18%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi27%
Pilih TerpukauTerpukau9%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Jasad, Band Metal Indonesia Main di Panggung Internasional Sebelummnya

Jasad, Band Metal Indonesia Main di Panggung Internasional

Dibanderol Sejutaan, Xiaomi Boyong Redmi 9 Ke Indonesia. Vivo X Series Kapan? Selanjutnya

Dibanderol Sejutaan, Xiaomi Boyong Redmi 9 Ke Indonesia. Vivo X Series Kapan?

Aninditya Ardhana Riswari
@anindityaar_1997

Aninditya Ardhana Riswari

anindityaardhana.wordpress.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.