Gorontalo Siapkan Aneka Agenda Pariwisata Guna Sambut Lebaran 2018!

Gorontalo Siapkan Aneka Agenda Pariwisata Guna Sambut Lebaran 2018!
info gambar utama

Lebaran sebentar lagi! Pastinya kawan GNFI sudah memiliki rencana untuk pulang ke kampung halaman atau, mungkin, justru tengah sibuk menyiapkan agenda berlibur bersama keluarga besar. Berbicara mengenai liburan, waktu-waktu lebaran biasanya menjadi momen yang mengasyikkan untuk berkumpul bersama sanak saudara sembari menikmati pesona Indonesia yang tak kalah menarik. Seperti halnya di Gorontalo.

Gorontalo merupakan salah satu daerah yang berada di kepulauan Sulawesi. Tak berbeda dari beberapa wilayah lain, Gorontalo juga tengah mempersiapkan agenda pariwisata yang siap dikunjungi oleh para warga juga wisatawan yang berkunjung ke sana.

Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis, kali ini pemerintah setempat menyiapkan empat agenda wisata untuk dinikmati di momen lebaran seperti halnya Festival Bedug Takbiran dan Festival Tumbilotohe yang dilaksanakan di akhir bulan Ramadan. Ada pula Gebyar Ketupat dan Lomba Karapan Sapi yang akan dihelat saat hari ketujuh lebaran.

Festival Beduk Tahun Ini Kembali Hadir Untuk Memeriahkan Agenda Lebaran di Gorontalo
info gambar

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, melalui CNN Indonesia, bahwa Festival Bedug yang menjadi salah satu agenda lebaran Gorontalo, akan digelar pada tanggal 6-8 Juni 2018, yang bertempat di Lapangan Taruna Remaja Gorontalo.

Selain itu, yang tak kalah menarik Festival Tumbilotohe juga hadir untuk menyemarakkan lebaran di kota tersebut. Festival Tumbilotohe atau yang dapat diartikan sebagai malam pasang lampu, merupakan salah satu festival yang menjadi magnet dalam rangkaian agenda lebaran tahun ini. Festival Tumbilotohe akan dilaksanakan di tanggal 10 Juni 2018, yang pastinya mampu menarik minat banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Festival Tumbilotohe Merupakan Salah Satu Tradisi Tahunan di Gorontalo
info gambar

Lokasi diselenggarakannya Festival Tumbilatohe berada di enam titik, yang telah dipersiapkan oleh pemerintah setempat. Di antaranya Jembatan Talumoto, Lapangan IPPOT Tapa, Pendaratan Soekarno di Iluta, Kanal Tamalate-Bone, dan di Isimu kompleks Brimob.

Selain itu, adapula dua agenda lain yang akan digelar beberapa hari usai hari raya Idul Fitri yakni Festival Ketupat yang dilaksanakan sepekan setelah lebaran, yang dikonsep sebagai ajang parade makanan terpanjang. Lokasinya pun akan dimulai dari Patung Ketupat Isimu hingga lokasi pacuan kadu di Kabupaten Gorontalo.

Festival Ketupat yang Selalu Dinanti Banyak Masyarakat
info gambar

Sementara itu, di lokasi yang sama juga akan berlangsung agenda lain yakni Lomba Karapan Sapi, Kuda Gerobak, dan Pacuan Kuda. Lomba-lomba tersebut digelar sebagai tradisi bagi masyarakat Jawa Tondano, sekaligus menjadi ajang yang paling dinanti dan diminati warga setempat juga wisatawan.

Wah, menarik sekali ya! Untuk seluruh kawan GNFI yang mudik ke Gorontalo atau menikmati liburan di sana, jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati rangkaian agenda tersebut.


Sumber: CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini