Benteng Speelwijk merupakan salah satu benteng di kawasan Serang, Banten, yang terletak di Kampung Pamarican. Dalam keberadaannya, salah seorang sejarawan bantenologi seperti yang tertulis di merahputih.com menjelaskan bahwa benteng tersebut bukanlah dibangun oleh Belanda. Benteng Speelwijk justru dibangun pada masa Kesultanan Banten.

Letak benteng tersebut persisnya berada di utara Kesultanan, yang memiliki fungsi untuk menahan serangan musuh dari laut. Dibangun atas gugahan seorang arsitek kepercayaan Sultan Ageng Tirtayasa, membuat Benteng Speelwijk sulit ditembus dari laut oleh para penjajah Eropa yang hendak memasuki wilayah Indonesia.

Sisa-sisa Kemegahan Benteng Speelwijk yang Masih Terlihat
Sisa-sisa Kemegahan Benteng Speelwijk yang Masih Terlihat

Saat itu, orang Eropa memang memiliki hasrat kuat untuk datang ke Banten. Sebab ketika itu Banten menjadi salah satu kota pelabuhan terbesar yang diperebutkan oleh berbagai macam kalangan termasuk Belanda dan masyarakat Banten.

Maka tak heran jika kemudian timbul pemahaman yang menyatakan pula bahwa Bennteng Speellwijk dibangun oleh seorang arsitek Belanda yang bernama Hendrik Lucaszoon, akan tetapi pemahaman tersebut tidaklah salah. Di masa kejayaan Sultan Ageng Tirtayasa, koloni Belanda tidak dapat memasuki Banten dari laut. Oleh sebab itu Belanda memilih menembus pertahanan Banten melalui Batavia atas bantuan seorang pengkhianat kesultanan yakni Abunas Abdul Qahhar yang tak lain merupakan putra dari Sultan Ageng Tirtayasa.

Kokohnya Benteng Speelwijk Membuatnya Sulit Ditembus Oleh Serangan Dari Laut
Kokohnya Benteng Speelwijk Membuatnya Sulit Ditembus Oleh Serangan Dari Laut

Setelah berhasil mengambil alih kekuasaan sang ayah, Abunas Abdul Qahhar yang memiliki sebutan Sultan Hujan tersebut memerintahkan Lucaszoon untur memugar berbagai bangunan Kesultanan, salah satunya benteng tersebut, sehingga dapat dipahami bahwa Benteng Speelwijk tidaklah sepenuhnya hasil besutan Belanda. Hanya saja memang sempat mengalami pemugaran kembali oleh salah seorang arsitek Belanda di masa Sultan Haji.

Sampai detik ini, masih terlihat cukup jelas keagungan Benteng Speelwijk yang menjadi salah satu bangunan megah di abad ke 17. Bahkan tak hanya berkunjung ke Benteng Speelwijk, para pengunjung lain juga mampu mendatangI Vihara Avalkitesvara yang merupakan vihara tertua di daerah tersebut, yang lokasinya berada tepat di seberang Benteng Speelwijk.

Wah jadi semakin tertarik untuk berkunjung ke Serang sembari melihat peninggalan sejarahnya yang tak kalah menarik ya!


Sumber: Merah Putih

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu