Menakjubkan! Ditemukan 12 Spesies Unik di Laut Jawa

Menakjubkan! Ditemukan 12 Spesies Unik di Laut Jawa
info gambar utama

Sebagai sebuah kawasan perairan, Laut Jawa memiliki berjuta ragam pesona laut yang terkadang masih menjadi misteri. Seperti halnya hasil penelitian yang dilakukan oleh kelompok gabungan peneliti Indonesia dan Singapura yang mengklaim bahwa mereka telah menemukan kurang lebih 12 spesies baru di bagian barat dan selatan Laut Jawa.

Dua belas spesies tersebut merupakan jenis hewan laut terbaru yang terdiri dari kelomang, udang, lobster, dan kepiting. Di sisi lain, ekspedisi sebelumnya yang pernah dilakukan oleh The South Java Deep Sea Biodiversity Expedition 2018 (SJADES 2018) juga mengaku telah menemukan lebih dari 40 spesies hewan laut unik lainnya.

Seperti yang dilansir dari laman Liputan6.com penemuan tersebut menjadi salah satu rekor temuan spesies terbanyak di wilayah perairan laut Indonesia. Salah satu pemimpin kelompok peneliti juga menuturkan bahwa angka tersebut merupakan angka temuan tertinggi, sebab peneliti mampu menangkap kurang lebih 12.000 spesimen yang dikumpulkan dalam jangka waktu 14 hari.

Salah Satu Peneliti Menunjukkan Hasil Temuan
info gambar

Penelitian yang dilakukan di kedalaman 800 meter hingga 2.100 meter Laut Jawa tersebut menemukan spesies hewan laut yang ciri fisiknya memiliki keunikan tersendiri. Bahkan ciri-ciri tersebut hampir tidak pernah ditemui di kawasan perairan laut manapun.

Fisik hewan laut yang ditemukan oleh kelompok penelitian tersebut pun bisa dikatakan tidak biasa, seperti kepiting dengan duri kabur dan mata bewarna merah darah, kepiting pertama bermata hijau dengan capit pita warna oranye, juga lobster bertangan panjang yang memiliki motif zebra di cangkangnya.

Bentuk Salah Satu Spesies yang Ditemukan di Perairan Jawa

Selain itu, mereka juga mengaku melihat makhluk laut berukuran besar seperti cumi-cumi dengan panjang 40-50 cm, spons tulip laut yang memiliki panjang sekitar satu meter, dan teripang laut ungu yang beratnya diperkirakan mencapai satu kilogram. Makhluk berukuran kecil lainnya juga terjaring dalam penelitian tersebut, salah satunya mereka menemukan cacing dan sejenis krutasea atau hewan bercangkang dengan ukuran 1-2 milimeter.


Sumber: Liputan6.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini