Jelang Lebaran 2018, Beginilah Kesiapan Jaringan Telekomunikasi di Indonesia

Jelang Lebaran 2018, Beginilah Kesiapan Jaringan Telekomunikasi di Indonesia
info gambar utama

Lebaran sebentar lagi. Sudah mempersiapkan untuk mudik?

Mungkin beberapa sudah ada yang menyiapkan jajanan untuk dipasang di meja ruang tamu saat hari H lebaran nanti atau bahkan sudah selesai mengecek kesiapan kendaraan untuk mudik? Yang penting, semoga perjalanan mudiknya lancar dan diberi keselamatan, ya!

Meski lebaran menjadi momen berkumpul dengan sanak saudara, tentunya Kawan GNFI tetap membutuhkan komunikasi melalui jaringan seluler. Maka pastinya jaringan telekomunikasi juga penting dipersiapkan agar komunikasi tetap lancar saat lebaran.

Akhirnya pulang kampung | Foto: uangonline.com
info gambar

Namun jangan khawatir, lima besar operator seluler telah bersiap menghadapi lonjakan konsumsi data dan perpindahan konsumen dari kota besar ke kota lainnya. Bagaimana kesiapannya?

Dari Hutchison Tri Indonesia (TRI) memproyeksikan akan mengalami lonjakan 105 tera byte (TB) per hari saat musim lebaran. Oleh karena itu, operator ini telah menyiapkan tambahan 35 base transceiver station (BTS) mobile. Selain itu, Tri juga akan menggunakan frekuensi 2.100 mHz. Frekuensi ini bisa untuk menambah kapasitas di 5.300 situs.

“Dari 5.300, 2.500nya 3G dan 2.800 di 2G. Situs ini yang berada dalam jalur mudik dari Jakarta menuju Surabaya,” ungkap Gustiansyah Wilson, VP Network Planning & Contract Management Tri.

Smartfren pun memprediksi akan menangani peningkatan sebesar 10 hingga 50 persen lebih tinggi dari hari biasa. Tahun lalu saja bisa sekitar 50-70 persen. Operator ini pun menyediakan mobile BTS sebanyak 60 unit lebih yang ditempatkan di 4 titik sepanjang jalur mudik.

Operator biru XL Axiata sendiri akan menyajikan 3 hal pada layanan akses digitalnya, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman. Jaringan 3G/4G nya kini diklaim meluas dengan penambahan 8.500 BTS baru sebelum lebaran 2018. Tak hanya itu, XL Axiata juga sudah memberi layanan 4,5 G di 100 kota.

"Saat ini, mustinya semakin banyak masyarakat dan pelanggan yang bisa mendapatkan akses digital karena jaringan data XL Axiata telah menjangkau 93% populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa," ujar Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.

Beralih ke Indosat Ooredo, operator ini meningkatkan kapasitas jaringan untuk data, suara maupun SMS.

Untuk layanan datanya, Indosat Ooredo meningkatkan menjadi 11.394 TB per hari untuk memenuhi puncak kenaikan lalu lintas data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7 persen dibandingkan tahun lalu. Sedangkan untuk suara dan SMS, masing-masing ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang per hari dan 1,01 milyar SMS per hari.

Penampakan BTS | Foto: Steve Halama/unsplash
info gambar

Sementara dari Telkomsel, Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengungkap bahwa pihaknya telah menyiagakan jaringan berkualitas.

“Secara khusus, Telkomsel telah membangun 12.000 BTS multiband LTE, menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps," ujarnya.

Selain itu, sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

Wah, ternyata operator-operator besar ini sudah begitu mempersiapkan jaringan terbaik untuk para pelanggannya. Semoga dengan ini, jaringan telekomunikasi bisa lancar ya saat lebaran!


Sumber: CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini