Beginilah Indahnya Toleransi Antar Agama di Indonesia

Beginilah Indahnya Toleransi Antar Agama di Indonesia
info gambar utama

Ratusan orang memenuhi bazar sembako yang diadakan oleh jemaah gereja St. Theresia Bongsari di Semarang pada hari minggu lalu, tepatnya lima hari sebelum Hari Raya Idul Fitri berlangsung. Setidaknya 400 paket sembako tersedia untuk dibeli dalam harga yang terjangkau pada bazar tersebut.

Setiap paket yang berisi 5kg beras, 1kg gula, 1kg tepung terigu, 1 liter minyak goreng, teh, dan kecap hanya dijual seharga Rp. 50.000. Barang lainnya juga dijual dengan harga terjangkau, seperti peralatan sekolah dan 267kg telur.

Pendeta Katolik Eduardus Didik Chahyono menyebutkan bahwa semua barang-barang tersebut dijual dengan harga murah karena jemaah gereja Bongsari ingin berbagi kebahagiaan.

"Bazar tersebut diadakan oleh jemaah gereja paroki Bongsari. Kami mengadakan bazar seperti ini setiap Natal dan Hari Raya Idul Fitri," ucapnya.

Bazar tersebut merupakan satu dari dua event yang diadakan oleh gereja St. Theresia Bongsari tahun ini. Acara buka bersama juga diadakan di Taman St. Maria di area Bojongsalaman, Semarang Barat, pada 1 Juni lalu.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Anggota dari Jami'atul Quro wal Huffadh, grup musik rebana, menyanyikan musik-musik religi Islami. Seorang qori turut membacakan ayat suci Al Quran sebelum berbuka puasa.

"Acara buka bersama diadakan secara rutin. Gereja Bongsari merupakan bagian dari lingkungan ini. Kami selalu bergabung dalam setiap kegiatan yang ada di lingkungan ini. Dengan acara ini, kami ingin menyatakan bahwa sesungguhnya masyarakat kita hidup berdampingan dalam damai dan harmonis," ucap Pendeta Didik. Ia juga menyarankan masyarakat untuk selalu bersikap lebih kritis terhadap komentar-komentar yang bersifat menodai agama lain.

Ulama Islam, Khoirul Anwar menyebutkan para Muslim sering dipanggil untuk mendamaikan mereka yang sedang berada dalam konflik. "Kehadiran masyarakat Muslim harusnya membawa kedamaian," ucapnya.


Sumber: The Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini