Liburan Edukatif dan Berteman Alam di Desa Pujon Kidul

Liburan Edukatif dan Berteman Alam di Desa Pujon Kidul
info gambar utama

Malang merupakan salah satu destinasi menarik di Jawa Timur. Keindahan alam yang sejuk karena berada di dataran tinggi tak henti-henti dicari para pelancong. Banyak titik-titik lokasi yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan udara segar di Malang, salah satunya adalah Desa Wisata Pujon Kidul.

Foto: bastamanography
info gambar

Desa yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ini luasnya sekitar 7.600 meter persegi. Dikelilingi oleh perbukitan menjadikan udara di desa ini sangat sejuk. Hamparan sawah warga yang hijau pun dapat mendinginkan mata saat melihatnya.

Kecantikan Desa Wisata Pujon Kidul ini terwujud berkat dana desa yang mengucur tahun 2015 lalu. Dana tersebut digunakan untuk membuat Badan Usaha Milik Desa dan mengelola potensi pariwisata yang ada.

“Badan Usaha Milik Desa inilah yang menjadi rohnya ketika kita mulai menggiatkan masyarakat pemberdayaan dari sisi sumber daya alam dan sumber daya ekonomi masyarakat,” ujar Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul.

Sejak itu, masyarakat setempat bangkit dan memanfaatkan peluang yang ada. Kebangkitan tersebut membuat desa ini menjadi desa wisata yang hidup. Pertanian, peternakan, usaha rumah tangga ikut menerima dampaknya. Lalu pemuda-pemuda desa yang menganggur kini bekerja di unit-unit wisata desa. Salah satu yang menerima dampaknya adalah Nurahmad, Petani di desa tersebut.

“Seperti halnya adanya wisata, warga bisa membuka usaha. Mulai dari permainan yang di tempat wisata, pertokoan, bahkan ada yang membuka wisata berkuda,” jelasnya.

Desa ini juga menjadi sarana edukatif bagi masyarakat setempat maupun wisatawan yang berkunjung. Adapun kegiatan seru berbau alam yang bisa dilakukan di sini adalah memetik sayur, wahana outbond, air terjun dan wisata alam lainnya. Salah satu yang terkenal juga di sini adalah pengolahan susu sapi.

Sapi-sapi di sini kualitasnya dijaga dengan baik sehingga bisa menghasilkan susu sapi yang bagus. Setiap pagi dan sore sapi-sapi tersebut diperah dan menghasilkan setidaknya 7 liter susu. Susu-susu tersebut kemudian diantar ke koperasi setempat lalu diolah kembali di pabrik susu.

Peternakan sapi di Desa Pujon Kidul | Foto: nasirullahsitam.com
info gambar

Pengunjung juga dapat menikmati kafe sawah di Desa Wisata Pujon Kidul. Selain makan atau bersantai ditemani semilir angin persawahan, mata pengunjung juga dimanjakan dengan deretan Gunung Biarawati, Anjasmoro, Arjuno, dan Kawi.

Jangan lupa masukkan Desa Wisata Pujon Kidul ke daftar tempat wajib dikunjungi, ya!


Sumber: Ngadem, Liputan6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini