Sekolah di Papua Nugini Ini Ajarkan Bahasa Indonesia

Sekolah di Papua Nugini Ini Ajarkan Bahasa Indonesia

Photo by Feliphe Schiarolli on Unsplash

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Bahasa Indonesia sudah diajarkan di beberapa provinsi di Papua Nugini, termasuk di ibukotanya, Port Moresby. Namun kini ada satu lagi sekolah di Papua Nugini yang mengajarkan Bahasa Indonesia. Pengajaran bahasa Indonesia ini dimulai pada awal Juni 2018 di Sekolah Menengah Lae. Sekolah tersebut menjadi sekolah pertama yang mengajarkan Bahasa Indonesia di Provinsi Morobe, provinsi terbesar kedua di Papua Nugini.

Guru yang akan mengajar bahasa Indonesia di SMA Lae adalah Fred Ogia. Ogia dulunya, tahun 2011 – 2015, menempuh pendidikan tinggi di Universitas Komputer (UNIKOM), Bandung, Jawa Barat. Oleh sebab itu, Ogia juga mengajarkan information communication and technology (ICT) di SMA tersebut.

Ogia mengaku cukup banyak siswa yang minat untuk belajar bahasa Indonesia. Awalnya, lanjut Ogia, hanya satu siswa saja. Namun kini ada sekitar 67 siswa yang mengikuti pelajaran bahasa Indonesia.

“Mereka berasal dari berbagai kelas, dan setiap hari saya mengajar 90 menit bahasa Indonesia,” jelas Ogia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang lancar.

Murid-murid SMA Lae | Foto: Charlie Clyde Tikaro
Murid-murid SMA Lae | Foto: Charlie Clyde Tikaro

Kepala Sekolah SMA Lae, Christopher Raymond turut senang bahwa minat untuk belajar bahasa Indonesia di sekolahnya cukup tinggi. Namun kini tak hanya siswa, menurut Ogia saat ini juga sudah ada minat dari para guru dan juga mereka yang terlibat di sekolah kejuruan di Provinsi Morobe untuk belajar bahasa Indonesia.

Pengajaran Bahasa Indonesia Merupakan Bagian dari Kerja Sama Indonesia dan Papua Nugini

Guru dan pejabat dari Indonesia dan Papua Nugini dalam upacara peluncuran pengajaran bahasa Indonesia di SMA Lae | Foto: Christoper Raymond
Guru dan pejabat dari Indonesia dan Papua Nugini dalam upacara peluncuran pengajaran bahasa Indonesia di SMA Lae | Foto: Christoper Raymond

Kesepakatan kerja sama tersebut sudah dilakukan sejak 2015 lalu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia di negara yang bertetangga dengan provinsi Papua tersebut.

Sebenarnya Provinsi Morobe tidak berbatasan langsung dengan Indonesia. Namun menurut Rektor Universitas Goroka, sebuah universitas di Provinsi Dataran Tinggi Timur, Professor Joseph Sukuianomb, warga kedua negara yang tinggal di daerah perbatasan sudah banyak yang melakukan hubungan dagang. Hal ini membuat bahasa menjadi faktor penting untuk meningkatkan saling pengertian budaya dan perdagangan.

Dalam kerja sama ini juga, nantinya siswa bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia melalui beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.


Sumber: ABC

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli25%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
10 Film Indonesia Terlaris 2018, Bisa Tebak? Sebelummnya

10 Film Indonesia Terlaris 2018, Bisa Tebak?

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara  Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia Selanjutnya

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Delina Rahayu Effendi
@delinaare

Delina Rahayu Effendi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.