Uni Eropa Cabut Larangan Terbang Maskapai Indonesia

Uni Eropa Cabut Larangan Terbang Maskapai Indonesia
info gambar utama

Kabar baik datangnya dari dunia penerbangan Indonesia. Kemarin, Kamis 14 Juni 2018, dilansir dari akun resmi Menlu RI, Uni Eropa mencabut larangan terbang untuk semua maskapai penerbangan Indonesia

Dalam siaran pers tersebut, dituliskan Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa terbaru yaitu daftar tentang maskapai penerbangan yang tidak memenuhi standar keselamatan internasional, dan oleh karenanya tunduk pada larangan beroperasi atau pembatasan operasional di dalam wilayah udara Uni Eropa. Dengan terbitnya pembaruan ini, semua maskapai penerbangan yang tersertifikasi di Indonesia telah lepas dari daftar larangan, sehubungan dengan adanya perbaikan lebih lanjut terhadap rantai-rantai terlemah dari aspek keselamatan penerbangan Indonesia.

Adapun ucapan selamat dari Duta Uni Eropa untuk Indonesia. Vincent Guerend mengatakan, "Selamat kepada mitra-mitra kami di Indonesia, terutama Kementerian Perhubungan dan maskapai-maskapai penerbangan Indonesia, atas upaya luar biasa yang telah mereka lakukan untuk mengatasi berbagai aspek masalah keselamatan penerbangan".

Dikutip dari Pikiran Rakyat, sebelumnya, Uni Eropa telah secara bertahap mengeluarkan beberapa maskapai Indonesia dari EU Flight Safety List yakni pada 2009, 2011, dan 2016. Sebelum keputusan itu diambil, Uni Eropa melaksanakan EU Assessment Visit ke Indonesia pada 12-21 Maret 2018 lalu.

Hasil evaluasi menyeluruh tersebut juga dibahas dalam pertemuan Air Safety Committee di Brussel pada 30 Mei 2018 lalu yang dihadiri Pemerintah Indonesia dan tiga maskapai dari Tanah Air yaitu Wings Air, Sriwijaya Air, dan Susi Air.

Terdapat 55 maskapai asal Indonesia yang dapat terbang ke wilayah Uni Eropa.


Sumber: Menlu RI, Pikiran Rakyat

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini