Seperti ini Tampilan Lokomotif dan Kereta Api Buatan Indonesia Pesanan Filipina

Seperti ini Tampilan Lokomotif dan Kereta Api Buatan Indonesia Pesanan Filipina
info gambar utama

Indonesia patut berbangga, berkali-kali hasil karya anak bangsa di bidang perkeretaapian dipesan oleh berbagai negara. Tak ketinggalan negara tetangga dekat kita, yakni Filipina. Filipina melalui Philllippines National Railway (PNR) telah resmi memesan 3 unit lokomotif dan 15 unit kereta penumpang dengan nilai kontrak sebesar US$26,1 juta dan juga 4 rangkaian kereta rel diesel elektrik (KRDE) dengan nilai US$21,4 juta kepada PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun.

Pesanan tersebut diperkirakan akan selesai diproduksi pada 2020 mendatang.

Dari desain yang diunggah oleh PNR pada posting Facebook-nya, lokomotif yang dipesan persis seperti lokomotif Hidrolik tipe CC300 batch 2 dengan 4 kaca depan namun dengan warna berbeda. Akan tetapi, lokomotif tersebut belum diketahui spesifikasi teknisnya, apakah akan sama dengan CC300 yang sudah beroperasi di sini atau ada penyesuaian pada spesifikasinya.

Ilustrasi lokomotif PNR menarik kereta penumpang
info gambar

Kereta penumpang yang dipesan oleh PNR akan memiliki 3 pasang pintu di tiap keretanya namun dengan kaca besar seperti KRDE/KRL Bandara yang ada di Indonesia. Selain itu, tiap kereta penumpang akan menggunakan pendingin ruangan sentral yang sama dengan kereta penumpang di Indonesia produksi tahun 2018.

Desain Lokomotif pesanan PNR
info gambar

Sementara itu, desain KRDE yang dipesan PNR, 90% mirip dengan KRDE Bandara Internasional Minangkabau dan KRDE Bandara Internasional Adi Soemarmo yang kini tengah dioperasikan sebagai KRDE Solo Ekspres. Perbedaannya, KRDE pesanan PNR menggunakan formasi 3 kereta serta 3 pasang pintu per keretanya.

KRDE PNR dengan bentuk yang hampir sama dengan desain KRDE / KRL Bandara di Indonesia
info gambar

Sebelumnya, Filipina juga telah memesan 2 rangkaian KRDE kepada INKA yang rencananya akan diselesaikan pada Kuartal III tahun 2019. Dengan tambahan pesanan ini, maka PNR telah memesan sebanyak 6 rangkaian KRDE kepada INKA.

Sejak 1991, PT INKA sudah berhasil mengekspor produknya ke luar negeri. Selain Fipina, kereta-kereta buatan PT INKA sudah dijual ke Bangladesh, Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, dan negara-negara kawasan Afrika Utara.

Sumber : Kaori Indonesia | Tirto.id | Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini