Terminal di Bandung Ini Miliki Tampilan Kekinian!

Terminal di Bandung Ini Miliki Tampilan Kekinian!
info gambar utama

Kawan GNFI yang berdomisili di Bandung pasti sering mendengar nama Terminal Leuwi Panjang Bandung. Terminal yang cukup sibuk di saat arus mudik lebaran seperti saat ini rupanya memiliki tampilan yang berbeda dari biasanya.

Terminal Leuwi Panjang saat ini terlihat begitu asri dengan adanya mural bewarna-warni, yang memberikan kesan segar pada lahan angkutan transportasi bus tersebut. Sentuhan seni yang khas dengan paduan lukisan mural abstrak terpampang sempurna di dalam gedung terminal.

Warna-warnya pun beragam, yang didominasi dengan sentuhan warna cerah sehingga menghilangkan kesan suram terhadap terminal tersebut. Aneka corak mural berada tepat di ruang tunggu penumpang. Bahkan tidak hanya bagian dinding, lukisan abstrak mural juga menghiasi hingga ke area langit-langit yang membuatnya hampir mirip dengan corak pada mural Fly Over Antapani.

Mural di Terminal Tersebut Juga Terlukis di Langit-Langit Terminal
info gambar

Dilansir melalui CNN Indonesia, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung menyampaikan bahwa mural yang terlukis jelas di dinding ruang Terminal Leuwi Panjang didesain secara khusus oleh seniman asli Bandung yakni John Martono. Tak hanya itu, John Martono juga dikenal sebagai pelukis lukisan di Bandara Husein Sastranegara dan pelukis mural Fly Over Antapani.

Ide awalnya bermula saat John datang ke terminal dan menggagas mural untuk dikerjakan di lokasi tersebut. Menurut John, Terminal Leuwi Panjang punya ruang yang ‘menjual’ untuk kemudian dijadikan sebagai objek lukis.

Selain di ruang tunggu, mural besutan John juga terpajang di lorong menuju area kedatangan bus. Tembok-tembok yang biasa digunakan pedagang di siri kanan kiri, kini juga dihiasi dengan dinding 3D. Namun, uniknya mural yang terdapat di lorong tersebut digarap bersama dengan masyarakat setempat, sedangkan John yang membuat sketsanya.

Banyak Warga yang Datang ke Terminal Hanya Untuk Berswafoto Di Sana
info gambar

Sebelumnya, Terminal Leuwih merupakan salah satu terminal di Bandung yang diangap kumuh dan seram. Akan tetapi, sejak hadirnya mural membuat Terminal Leuwih menjadi lebih ‘hidup’, bahkan tidak sedikit warga yang datang hanya untuk ber-selfie di sana.

Lebih lagi, suasana baru Terminal Leuwih melalui mural yang ada dapat membuat para pengunjung juga penumpang tidak bosan dengan suasana terminal. Sembari menunggu, para penumpang bisa berjalan-jalan untuk melihat lukisan mural yang terpajang di sana.

Kedepannya, Dinas Perhubungan berharap bahwa hadirnya pembaruan seperti demikian tidak hanya terjadi di Terminal Leuwi Panjang Bandung saja. Tetapi bisa ada di berbagai tempat-tempat transportasi umum lainnya, khususnya terminal, guna memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

Wah, bangga sekali dengan inovasi yang terjadi di Bandung. Bagaimana kalau di kotamu?

Sumber: CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini