Pecahkan Rekor, Alumni Sekolah di Palembang Buat Pempek Terbesar di Dunia

Pecahkan Rekor, Alumni Sekolah di Palembang Buat Pempek Terbesar di Dunia
info gambar utama

Untuk merayakan hari ulang tahun Kota Palembang ke-1.335, alumni SMP Negeri 15 Palembang menggelar pemecahan rekor muri pempek lenggang terbesar. Acara yang dilakukan di halaman SMPN 15 Palembang pada Senin (18/6) ini juga digelar menjelang reuni akbar sekolah terkait.

“Ini rangkaian dari kegiatan reuni yang akan kita gelar besok di Hotel Horison Palembang dan dimeriahkan oleh artis ibu kota, Cakra Khan,” jelas Ahmad Hartawan, Ketua Alumni SMPN 5 Palembang.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Ahmad mengaku sengaja membuat momen reuni sekolahnya itu dengan memecahkan rekor MURI sebagai kontribusi alumni kepada kota tertua di Indonesia ini.

“Kita ingin membuat semacam promosi kuliner, apalagi Palembang kaya akan kuliner. Kita bersyukur lenggang terbesar ini berhasil dan semoga semakin mengenalkan lenggang ke seluruh dunia” tambahnya.

Untuk memecahkan rekor ini, Ahmad mengaku membutuhkan banyak bahan. Di antaranya adalah 1,7 ton telur ayam, 170 kilogram ikan gabus, 170 kilogram tepung kanji, garam bungkus, gula 14 kilogram, dan 150 karung arang dan daun pisang. Ratusan arang tersebut digunakan untuk membakar oven raksasa berukuran 4 x 2 meter.

Pempek lenggang raksasa yang dihasilkan memiliki ketebalan 15,5 centimeter serta panjang dan lebar masing-masing 4 x 2 meter. Pembuatan pempek ini memakan waktu sekitar 5 jam. Dalam selang waktu itu juga alumni mengganti arang pada bagian bawah oven secara berkala. Tak hanya itu, setiap menit ketebalan tersebut juga diukur agar pempek matang secara merata.

“Proses pemanggangan dimulai pukul 06.00 – 11.00 WIB dan ini tak mudah karena kita memanggangnya hingga tiga lapisan,” ujar Ahmad.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Pemilihan lenggang sendiri diakuinya agar orang-orang juga mengenal bahwa pempek tidak hanya kapal selam, lenjer, kulit, keriting, telur, tahu, dan sebagainya. Dan beruntungnya jerih payah mereka tidak sia-sia, mereka berhasil memecah rekor MURI yang bahkan bisa dikategorikan tingkat dunia.

“Kami sebagai MURI akan memperkenalkan lenggang ini ke seluruh dunia. Maka itulah akan memberikan rekor dunia juga,” kata Andre Purwandono, Manajer MURI.

Berhasil pecahkan rekor MURI | Foto: muri.org
info gambar

Rekor superlatif−rekor yang dipecahkan melalui ukuran−yang diperoleh pempek lenggang ini bisa menjadikannya sebagai identitas kebudayaan asli Indonesia dan agar tidak dicuri/diakui oleh bangsa asing. Selain itu, penghargaan tersebut juga menunjukkan bahwa kuliner memang layak menjadi aset tak ternilai oleh suatu daerah, termasuk Palembang dalam hal ini.


Sumber: Sumsel Tribunnews, Palembang Tribunnews

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini