Duta Besar RI Jadi Best Ambassador di Korea Selatan 2018

Duta Besar RI Jadi Best Ambassador di Korea Selatan 2018
info gambar utama

Umar Hadi, Duta Besar RI baru saja mendapatkan penghargaan 2018 Best Ambassador Award dari Korea Selatan.

Best Ambassador Award merupakan salah satu kategori dalam penghargaan bertajuk “Korea First, World Best Awards” yang sudah diselenggarakan sejak 2009. Kredibilitas penghargaan ini bahkan telah diakui oleh masyarakat dan Pemerintah Korea Selatan.

Dalam ajang ini, penghargaan diberikan melalui seleksi dari tim independen yang menilai berdasarkan berbagai kriteria yang dibuat. Kriteria-kriteria tersebut di antaranya adalah kontribusi yang diberikan oleh pejabat publik, pemimpin organisasi dan perusahaan dalam pembangunan Korea Selatan dan pemajuan hubungan Korea Selatan dengan negara sahabat.

Ajang 2018 Best Ambassador Award | Foto: Dok. KBRI Seoul
info gambar

Pada 2018, Best Ambassador Award berlangsung di Gedung Parlemen di Seoul, Kamis (21/6) dan diberikan kepada Dubes Umar Hadi sebagai pengakuan atas aktivitas Umar dalam memajukan hubungan Indonesia-Korea Selatan.

“Berbagai aktivitas yang dilakukan Duta Besar Umar Hadi merupakan suatu paragon atau teladan bagi para duta besar lainnya yang berada di Korea Selatan, terutama yang mengirimkan pekerja migrannya di sini,” kata Yeo Hong-il, salah satu pimpinan panitia penyeleksi penghargaan.

Salah satu aktivitas yang dimaksud adalah memperjuangkan perlindungan dan pemberdayaan 36.000 pekerja migran Indonesia yang berada di Korea Selatan, termasuk aspek kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja.

Selain itu, upaya dalam meningkatkan hubungan business to business dari Dubes Umar juga mendapatkan perhatian dari panitia seleksi. Dalam hal ini, Umar berhasil menambah secara signifikan jumlah perusahaan patungan (joint venture) Indonesia-Korsel.

Dalam bidang ekspor, Umar juga tak kenal lelah dalam memperkenalkan produk-produk baru, khususnya makanan dan minuman olahan, furnitur dan produk-produk kayu, serta produk-produk industri kreatif. Produk unggulan Korsel pun terus diperkenalkan ke pasar Indonesia, seperti melalui konsep K-healthcare.

Penghargaan yang didapatkan Umar Hadi | Foto: Dok. KBRI Seoul
info gambar

Dubes Umar Hadi sendiri mengatakan bahwa seluruh hasil positif tersebut merupakan kerja keras semua pihak di Kedutaan Besar RI di Seoul.

“Saya mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh staf KBRI Seoul yang telah bekerja keras dan menjadikan mesin diplomasi KBRI Seoul bekerja dengan baik, efisien, dan progresif serta dengan senantiasa menjunjung tinggi semangat melayani,” ungkap Umar.

Umar, yang sebelumnya Konsul Jenderal RI di Los Angeles dan Deputy Chief of Mission di Den Haag juga mengatakan bahwa anugerah ini akan semakin menjadi pendorong dirinya dan seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja KBRI Seoul. Dengan penghargaan ini, menurutnya, membuktikan bahwa Indonesia semakin dianggap penting di mata berbagai kalangan masyarakat di Korsel.


Sumber: Liputan6, Kumparan

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini