Pulau Tidung Wisata Pulau Penduduk Yang Berada Di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung Wisata Pulau Penduduk Yang Berada Di Kepulauan Seribu
info gambar utama

Pulau Tidung merupakan wisata pulau penduduk yang berada di kawasan kepulauan seribu di bagian Utara Provinsi Dki Jakarta. Pulau tidung merupakan pulau terbesar dalam gugusan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pada zaman dahulu nama pulau tidung berasal dari kata tidung, yang artinya tempat berlindung, karena pulau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dari bajak laut atau perompak, Maka pulau ini dinamakan pulau tidung yaitu pulau untuk tempat berlindung.

Pulau tidung tersedia banyak sekali penginapan (homestay) dengan berbagai Fasilitas, Kapasitas, Kondisi dan Harga Sewa Penginapan yang bervariasi, pulau tidung memiliki pantai wisata yang terdapat di pulau ini, mulai dari ujung pulau tidung kecil sampai ke ujung pulau tidung besar. Pantai di pulau tidung cukup bersih dan bening serta terumbu karang masih bagus-bagus dan juga para pengunjung dapat snorkeling di area yang terdapat terumbu karang.

Pantai Pulau Tidung Wisata Pulau Seribu

Fasilitas untuk setiap homestay yang disediakan kurang lebihnya antara lain:

  • Kapasitas sekitar 10 -15 orang,
  • Full AC,
  • Televisi,
  • Dispenser,
  • Air mineral,
  • Kasur busa lantai,
  • Kamar tidur,
  • Kamar mandi di dalam rumah,
  • Air bersih, jernih dan tidak asin ( pastikan anda pilih tempat yang airnya tawar).

Wisata Pulau Tidung terhampar membujur panjang dari barat ke timur dan menjadi 2 bagian Tidung Besar & Tidung kecil dengan melalui sebuah jembatan panjang yang terhubung di 2 pulau tersebut. Lokasi wisata di pulau tidung terletak di ujung timur (lokasi jembatan cinta) yang biasanya ramai pada pagi hari saat waktu sunrise dan sore di ujung barat pulau tidung (lokasi saung cemara kasih) biasanya ramai pada saat sore hari, sunset sangat bagus terlihat dari lokasi ini pantai pasir putih.

Jembatan Cinta adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi bagi para wisatawan. Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter.

Jembatan Cinta Pulau Tidung Wisata Kepulauan Seribu

Pulau tidung wisata yang berada di Pulau Seribu ini telah di kelola oleh masyarakat pulau setempat dengan penginapan yang di tawarkan yaitu Home stay rumah masyarakat yang di tempati atau bangunan rumah yang kosong yang sengaja khusus disewakan. Home stay di pulau tidung sudah bagus-bagus karena sudah banyak bangunan baru yang di buat oleh masyarakan pulau tersebut, peminat wisatawan untuk ke pulau tidung begitu banyak maka dibuat lah bangunan-bangunan baru di pulau tersebut. Jika ingin bermain bersama ikan-ikan kecil dan melihat berbagai jenis terumbu karang, Anda bisa snorkeling di perairan yang jernih dan memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan berbagai biota laut yang ada di sekitaran area pulau tidung.


Sumber: Pulau Tidung

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini