Ini Lho Singkatan Kuliner-Kuliner di Indonesia

Ini Lho Singkatan Kuliner-Kuliner di Indonesia
info gambar utama

Indonesia kaya akan ragam kulinernya. Bahkan setiap daerah memiliki nama yang unik-unik, dan berbagai bentuk, mau makan yang cuma untuk ngemil, bisa membuat kenyang, makanan manis, asin, pedas semua ada. Tapi, tahukah kawan GNFI ada beberapa makanan yang ternyata memiliki kepanjangannya lho! Berikut makanan & minuman tersebut :

1. Es Doger

okezone
info gambar

Es doger adalah salah satu minuman yang terbuat dari santan kelapa dingin. Minuman ini sering ditemui di Bandung, Jawa Barat. Meskipun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, dan Surabaya. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas. Es doger berbahan dasar susu dan parutan kelapa, biasanya ditambah dengan tape ketan hitam, alpukad, dan lain-lain

Asal usul nama Es Doger adalah singkatan dari dua kata yaitu kata dorong gerobak yang disingkat menjadi doger.

2. Bakso Cuanki

PengusahaSukses.com
info gambar

Cuanki adalah suatu jenis jajanan yang lebih dikenal dengan “Jajanan Pikulan”. Jajanan ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, mulai dari kota Bandung hingga kota lainnya. Asal kata cuanki ini berasal dari singkatan kalimat “ Cari Uang Jalan Kaki”. Karena Model usahanya berjualan dengan cara berjalan kaki/ menjajakan dagangan dengan dipikul berjalan kaki. Meskipun sekarang sudah banyak juga pedagang cuanki mangkal, dan yang terbaru sudah ada cuanki dalam kemasan atau cuanki express.

3. Comro

Jajanan Pasar Nusantara
info gambar

Comro adalah makanan gorengan khas dari Jawa Barat atau Sunda. Combro juga merupakan salah satu dari banyak makanan Sunda yang dinamai dari singkatan bahan pembuatnya. Combro merupakan singkatan dari "oncom di jero " (oncom di dalam). Combro memang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong dan diisi dengan sambal oncom lalu digoreng.

4. Colenak

masakankoki.com
info gambar

Colenak (dikenal juga dengan tape bakar) adalah nama yang diberikan pada Jajanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Jajanan ini berasal dari Bandung yang dikenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Penamaan makanan ini merupakan dari kata dalam bahasa Sunda, dicocol enak.

Sumber : Kaskus, Ginding, Wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini