Inovatif. "SOFA-EBI" Probiotik Tepung Berbasis Spora yang Mampu Cegah Vibriosis pada Udang Vaname Karya Mahasiswa FPIK UB

Inovatif.  "SOFA-EBI" Probiotik Tepung Berbasis Spora yang Mampu Cegah Vibriosis pada Udang Vaname Karya Mahasiswa FPIK UB

Tim SOFA-EBI(Khalid, Shilvia, Bayyan) & Probiotik SOFA EBI © SOFA EBI

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Udang vaname merupakan salah satu komoditas perikanan budidaya unggulan untuk ekspor. sehingga pemerintah melakukan upaya untuk meningkatkan produksi udang dengan mengoptimalkan luas area tambak mencapai lebih dari 20.000 Ha., maka bidang akuakultur menerapkan sistem intensifikasi. Di sisi lain, sistem ini mengakibatkan adanya penurunan kualitas air dan meningkatnya terjadinya infeksi penyakit. Salah satu penyakitnya yaitu Vibriosis yang diakibatkan oleh bakteri Vibrio harveyii. Vibriosis pada udang bersifat akut dan dapat mematikan udang dalam waktu 1 sampai 3 hari, sehingga sangat merugikan petambak udang. Aplikasi probiotik Bacillus terbukti bisa menjadi alternatif jalan keluar untuk menggantikan antibiotik yang biasa digunakan untuk menurunkan kejadian penyakit dan meningkatkan produksi.

Sayangnya, Bacillus dalam probiotik pada umumnya adalah berbentuk sel vegetatif yang tidak stabil dalam penyimpanan, sehingga jumlah bakteri akan menurun seiring dengan lama penyimpanannya. Oleh sebab itu diperlukan Bacillus dalam bentuk spora, dimana Bacillus dalam bentuk spora yang lebih stabil dan belum banyak dievaluasi khususnya untuk ikan dan udang.

Berdasarkan hal tersebut 3 peneliti muda Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya yaitu Khalid Amjad (BP’14), Shilvia Astriyanti (MSP’14), dan M. Miftahul Bayyan (IK’15) dibawah bimbingan Dr. Ating Yuniarti, S.Pi. M.Aqua melakukan sebuah penelitian berjudul SOFA-EBI (Spore Forming Bacteria as Environmentally Control of Vibriosis): Pengembangan Probiotik Berbasis Spora dari Bacillus sp. sebagai Biokontrol Penyakit Vibriosis pada Udang Vaname (Litopanaeus vannamei).

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakter produksi spora media produksi (ratio C:N, suhu, dan pH) yang optimal untuk produksi spora dan aplikasinya sebagai probion unggul pada akuakultur. Untuk meningkatkan nilai ekonomis dari probiotik, maka digunakan media produksi (spore carrier) dari bahan lokal yang tersedia melimpah dan cukup murah seperti tepung tapioka, ubi jalar dan jagung. Kemudian dievaluasi daya simpan spora pada suhu dan periode yang berbeda. Didapatkan hasil probiotik dalam bentuk spora mampu mempertahankan kepadatan bakterinya. Hasil produksi spora terbaik akan diaplikasikan secara in vitro dan in vivo pada udang pada skala laboratorium.

Dari hasil penelitian tersebut telah dihasilkan "SOFA EBI" probiotik tepung berbasis spora yang mampu mencegah penyakit vibriosis pada Udang Vaname dan punya daya simpan yang lama.


Sumber:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga92%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi4%
Pilih TerpukauTerpukau4%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Video Musik Asian Games 2018 Keempat Dirilis, Libatkan Slank Sebelummnya

Video Musik Asian Games 2018 Keempat Dirilis, Libatkan Slank

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia Selanjutnya

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia

Andi Miftah
@khalid_amjad09

Andi Miftah

1 Komentar

  • Alman muctasyam

    Jika menggunakan spora bacillus dari belanda brapakah dosis penggunaanya dan prosedur kerjanya bgmna

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.