Ini Dia Daftar Pantai dengan Ombak Kelas Dunia di Indonesia

Ini Dia Daftar Pantai dengan Ombak Kelas Dunia di Indonesia
info gambar utama

Indonesia menjadi surga bagi para peselancar. Bahkan Indonesia punya julukan tersendiri di kalangan peselancar yakni "Disneyland of Surfing". Sebab, Indonesia punya banyak lokasi untuk berselancar yang seluruhnya menantang adrenalin.

"Ada banyak sekali pantai dengan ombak kelas dunia, dari barat sampai timur Indonesia, sampai di utara juga ada," kata Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Arya Subyakto saat ditemui di acara peluncuran Ya'Ahowu Nias dan WorldSurfing League Nias Pro 2018, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Arya mengatakan posisi Indonesia yang diapit oleh dua samudera menimbulkan efek ombak kelas dunia.

Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi. Foto: jejakpiknik.com
info gambar

Di ujung barat Indonesia, Arya menyebutkan ada Kepulauan Simeulue. Kawasan yang termasuk dalam Provinsi Aceh ini berada di tengah Samudera Indonesia. Tidak heran ombaknya yang mencapai lima meter dan menjadi surga bagi para penantang adrenalin.

Di Aceh, juga terdapat Pulau Banyak yang tak kalah terkenal dengan Kepulauan Simeulue. "Untuk sekarang ada Mentawai juga yang sedang naik daun," kata Arya.

Kepulauan Mentawai lebih mudah dicapai dari Sumatera Barat. Salah satu aktor Hollywood, Liam Hemsworth, diketahui pernah berburu ombak di Mentawai.

Selanjutnya ada Pulau Nias di Sumatera Utara, dengan Pantai Lagundri yang didaulat sebagai salah satu dari 10 lokasi selancar terbaik di dunia.

"Sampai ke Bengkulu, Lampung, Selat Sunda, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, bahkan di utara ada Morotai dan Biak juga," kata Arya.

Wisatawan berselancar di Pantai Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tengara Barat, Kamis (11/2/2016). Pantai ini sering dipakai berlatih sejumlah peselancar profesional dari mancanegara. Foto: Kompas/Lasti Kurnia

info gambar

Ia menyebut deretan pantai yang sudah tersohor di kalangan peselancar antara lain Batukaras di Pangandaran, Watu Karung di Pacitan, Pulau Merah dan Pantai Plengkung (G-Land) di Banyuwangi.

Dari seluruh lokasi tersebut, Arya menyebutkan Bali masih menjadi lokasi favorit para peselancar dunia.

Umumnya para peselancar dunia yang pertama kali mengunjungi Indonesia akan menuju Bali. Akses yang mudah dan akomodasi yang memadai membuat Bali lebih dikenal oleh peselancar internasional.

Arya berharap pemerintah sadar akan potensi pantai Indonesia dengan ombak kelas dunia, sehingga dapat membawa dampak lebih baik bagi olahraga selancar dan pariwisata.


Sumber: Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini