Bikin Bangga, Tarian Asal Banyuwangi Ini Siap Tampil di Amerika!

Bikin Bangga, Tarian Asal Banyuwangi Ini Siap Tampil di Amerika!
info gambar utama

Dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki aneka ragam seni dan budaya, membuat Banyuwangi yang berada di pucuk timur Pulau Jawa tersebut kian tersohor di dunia internasional. Salah satunya sebut saja tari Gandrung

Tari Gandrung rupanya berhasil mencuri perhatian hingga membuatnya diundang tampil di depan masyarakat Amerika Serikat pada 7 Juli 2018 dalam ajang Remarkable Indonesia Fair.

Melalui penuturannya, dalam Kompas, Bupati Banyuwangi mengemukakan bahwa Gandrung akan tampil di depan 2000 pengunjung dari kalangan pengusaha dan masyarakat Chicago, Kentucky, Illinois, dan Minnesota.

Gandrung Banyuwangi yang Mendunia
info gambar

Lebih lagi, hal ini memberikan wadah bagi mereka anak-anak muda Indonesia, khususnya yang mencintai seni-budaya, sebab mampu memiliki kesempatan untuk tampil membawa nama harum daerahnya di dunia internasional.

Di satu sisi, tidak perlu diragukan lagi bahwa tari Gandrung asal Banyuwangi merupakan salah satu seni pertunjukan yang telah saban kali tampil dalam berbagai acara nasional maupun internasional. Hadirnya tari Gandrung di Istana Negara dan acara kebudayaan di beberapa negara seperti Jerman, Malaysia, Jepang, Hongkong, Prancis, dan Brunei Darussalam merupakan beberapa pencapaian Gandrung sebagai sebuah tampilan daerah yang disukai banyak kalangan.

Para Lakon Penari Gandrung Siap Menghibur Warga Amerika
info gambar

Selanjutnya, Bupati Banyuwangi juga menyampaikan jika tampilnya Gandrung Banyuwangi di Amerika nantinya turut menjadi pelecut semangat bagi semua kalangan untuk terus menjaga, mengembangkan, dan mengeksplorasi aneka potensi seni daerah yang dipunya.

Acara Remarkable Indonesi Fair (RIF) 2018 sendiri akan diselenggarakan di Chicago, Amerika Serikat. Agenda yang turut didukung oleh Kementerian Luar Negerti tersebut digelar guna meningkatkan pemahaman masyarakat dan dunia usaha Amerika Serikat terhadap Indonesia.

Nantinya melalui kegiatan tersebut, Banyuwangi turut serta mempromosikan beragam produk unggulan kedaerahan secara maksimal. Seperti halnya batik, handicraft, kuliner, juga pesona alam.

Turut bangga dengan pencapaian tersebut! Semoga anak-anak bangsa dapat terus mengenal juga mencintai ragam budaya daerahnya sendiri. Serta turut mampu menghadirkan seni khas daerah dalam aneka ruang terbuka agar lebih dikenal berbagai kalangan.

Maju terus seni dan budaya Indonesia!


Sumber: Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini