Unik! Medali Asian Games 2018 Bercorakkan Batik

Unik! Medali Asian Games 2018 Bercorakkan Batik
info gambar utama

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan budaya juga seni Indonesia ke berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah dengan mengangkat budaya tersebut melalui ruang publik yang dapat dilihat juga dinikmati oleh banyak kalangan.

Kondisi demikian yang turut dilakukan Indonesia. Sebagai tuan rumah ajang Asian Games 2018 kali ini, ada yang menarik dari medali yang digunakan dalam ajang tersebut. Medali Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan Agustus mendatang rupanya bercorakkan batik.

Sebagai bagian dari warisan budaya bangsa, batik dipilih untuk memperkenalkan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Dilansir melalui tirto.id, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyampaikan jika corak batik yang digunakan merupakan cerminan budaya Indonesia.

— Asian Games 2018 (@asiangames2018) 1 Juli 2018

Lebih lagi hal tersebut juga dapat menunjukkan persatuan Indonesia melalui ragam suku, agama, dan ras masyarakatnya yang rupanya tetap bisa bersatu.

Selain itu, adanya batik dalam medali Asian Games 2018 tersebut juga merupakan upaya untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luas. Harapannya, dengan usaha tersebut banyak orang kian mengenal batik dan Indonesia sebagai dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Ilustrasii Medali Asian Games 2018
info gambar

Wah, menarik sekali ya ide pengembangan batik melalui hal tersebut. Semoga dengan demikian batik dapat lebih dikenal oleh berbagai kalangan. Bagi kawan GNFI, jangan lupa turut dukung dan doakan agar anak-anak bangsa mampu berjuang secara apik dalam ajang Asian Games 2018. Bangga Indonesia!


Sumber: Tirto.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini