Pertunjukan Megah di Tanah Toraja: Toraja International Festival 2018

Pertunjukan Megah di Tanah Toraja: Toraja International Festival 2018
info gambar utama

Sebagai sebuah wilayah yang menyimpan segudang pesona, Toraja nampaknya memiliki cara lain untuk memperkenalkan keindahan daerahnya. Bertempat di Museum Ne’ Gandeng Rantepao Toraja Utara, akan diadakan Toraja International Festival pada 5 – 8 Juli 2018.

Datang dan Saksikan Toraja International Festival, 5 - 8 Juli 2018 bertempat di Museum Ne' Gandeng Rantepao Toraja Utara. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Untuk memperkenalkan keindahan dataran tinggi suci Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan, Toraja International Festival (TIF) 2018 akan menampilkan pertunjukan dari seniman terbaik dari dalam dan luar negeri. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Seperti biasa, TIF akan dimeriahkan dengan atraksi tradisional Toraja yang unik dan sakral seperti Pompang, Manganda, Manimbong, Madandan, Pagelu, dan Tomina. Festival ini juga akan menampilkan kesenian tradisional menarik lainnya dari bagian lain Indonesia seperti Tari Api Pepe-pepe dari Gowa, Sulawesi Selatan, dan Tari Dayak Hudoq dari Kalimantan Timur. Selain berbagai pertunjukan seni, juga akan ada Kompetisi Paduan Suara dan Pameran Kerajinan Tangan di Desa Palawa. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ TIF 2018 dipersembahkan oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kabupaten Toraja Utara. Festival ini dirancang dan diproduksi oleh Lokaswara yang dipimpin oleh Franki Raden, komposer terkemuka Indonesia, etno-musikolog, kritikus budaya, dan penyelenggara festival yang telah bekerja dalam skena seni lokal dan internasional selama 30 tahun terakhir. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ #pesonaindonesia #exploresouthsulawesi #torajainternationalfestival2018

A post shared by Kementerian Pariwisata (@kemenpar) on

Acara tersebut nantinya akan menampilkan aneka pesona Toraja yang tentunya tak kalah menarik dengan daerah lain. TIF 2018 berupaya menggelar pertunjukan terbaik melalui seniman kawakan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

TIF 2018 turut dimeriahkan dengan atraksi tradisional khas Toraja yang unik dan sakral. Pompang, Manganda, Manimbong, Madandan, Pagelu, dan Tomina menjadi beberapa ritual kedaerahan yang turut dipertonjolkan dalam agenda tersebut.

Pesona Alam Toraja yang Menarik
info gambar

Tak hanya itu, seperti yang tertulis di laman resmi Kementerian Pariwisata, bahwa TIF 2018 juga menampilkan kesenian tradisional dari daerah lain seperti Tari Api Pepe-pepe dari Gowa Sulawesi Selatan dan Tari Dayak Hudoq dari Kalimantan Timur.

Lebih lagi selain pagelaran seni, juga ada Kompetisi Paduan Suara dan Pameran Kerajinan Tangan di Desa Palawa yang pastinya turut menyemarakkan agenda tersebut.

TIF 2018 ini dipersembahkan oleh Kementerian Pariwisata yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Festival ini pun dirancang dan diproduksi langsung oleh Lokaswara pimpinan Franki Raden, yakni seorang komposer terkemuka Indonesia yang juga merupakan etno-musikolog, kritikus budaya, dan penyelenggara festival seni lokal dan internasional.

Aneka Seni Budaya Toraja yang Tak Kalah Unik
info gambar

Menarik juga unik ya. Semoga kawan GNFI punya waktu luang untuk hadir dan berkunjung ke Toraja sembari menyaksikan Toraja International Festival yang mempesona.

Bangga pariwisata Indonesia!

Sumber: Kementerian Pariwisata

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini