Lanjutkan Persahabatan, Korea Utara dan Korea Selatan akan Bersatu di Indonesia. Bulan Depan

Lanjutkan Persahabatan, Korea Utara dan Korea Selatan akan Bersatu di Indonesia. Bulan Depan
info gambar utama

Jakarta dan Palembang akan menjadi tuan rumah bagi bersatunya dua negara yang selama ini saling berseteru. Korea Selatan dan Korea Utara menggagas pembentukan kontingen bersama di Asian Games 2018. Gagasan tersebut dibahas dalam perluasan diplomasi damai kedua Korea. Rencananya, mereka akan digabung di 3 cabang olah raga.

The Olympic Council of Asia (OCA) telah mengumumkan bahwa Korut dan Korsel akan bergabung dalam satu tim di tiga cabang olahraga dan enam kegiatan pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018. OCA mengatakan Komite Olimpiade kedua negara akan bergabung pada cabor Basket, Perahu Naga dan Dayung. Meskipun batas akhir pendaftaran NOC untuk mengumpulkan nama akan ditutup pada tanggal 30 Juni, khusus untuk tim gabungan ini akan diperpanjang hingga 10 Juli.

Kepala Delegasi Korsel, Jeon Choong-ryul, seperti dilaporkan AFP mengatakan, Asian Games bisa menjadi momen lanjutan persahabatan dua negara. “Semua orang tahu bahwa olahraga bisa memicu rekonsiliasi antara Korsel dan Korut,” kata dia seperti dikutip dari laman radio France24, Senin (18/6).

Kantor berita resmi Korsel, Yonhap melaporkan, gagasan pembentukan kontingen bersama dua Korea tersebut sudah pernah dilakukan. Pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Februari lalu, dua Korea pernah menyatukan beberapa atletnya di satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Saat itu, dua Korea sepakat menyatukan atletnya pada tim tim cabor hoki es nomor pertandingan putri. Keputusan yang sempat mendapat kecaman di Korsel lantaran berimbas pada pencoretan beberapa atlet lokal. Akan tetapi, keputusan tersebut disambut antusias rezim di Korut.

Penyatuan tim hoki es tersebut memang tak menghasilkan medali emas. Akan tetapi, Choong-ryul melanjutkan, penyatuan tim atlet tersebut sebagai momen pertama munculnya rencana pertemuan dua pemimpin negara seteru tersebut.

Asian Games 2018, akan digelar di Indonesia. Kota Jakarta, dan Palembang akan menjadi tuan rumah utama bersama. Pesta olahraga terbesar antarnegara di benua Asia tersebut akan dibuka pada 18 Agustus mendatang.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini