Ibukota Indonesia Menangi Ajang Global We Love Cities 2018

Ibukota Indonesia Menangi Ajang Global We Love Cities 2018
info gambar utama

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)Kota Jakarta menyandang gelar pemenang global pada ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Tidak hanya itu, Jakarta juga terpilih memenangi One Planet Ciy Challenge (OPCC).

Mengalahkan 50 kota dari 21 negara lainnya termasuk Tokyo, Vancouver, dan Kuala Lumpur, Jakarta berhak menyandang gelar sebagai kota paling dicintai oleh warganya. Gelar tersebut tidak lepas dari kontribusi warga Jakarta yang memberi dukungan terhadap kota tercinta melalui voting dan saran-saran perbaikan pembangunan kota.

Poster resmi dari We Love Cities, Jakarta memenangi ajang tersebut | Sumber: welovecities.org
info gambar

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji menyebutkan bahwa tercatat ada 164.954 interaksi di media sosial menggunakan tagar #WeLoveJakarta dan 4.464 saran yang terkumpul dari warga Jakarta untuk menjadikan Jakarta lebih baik.

Selain itu Isnawa juga mengatakan, kemenangan ini juga dapat dicapai berkat dukungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD dan lembaga swadaya masyarakat. Terutama dukungan dari seluruh warga. Mustahil kemenangan ini dapat diraih tanpa kontribusi warga Jakarta yang mencintai kotanya.

Tujuan kampanye ini untuk meningkatkan umpan balik dan melibatkan warga dalam pembangunan kota berkelanjutan guna mendukung aksi menghadapi tantangan perubahan iklim.

Jakarta selaku pemenang kampanye We Love Cities 2018 dan pemenang nasional OPCC akan menerima sertifikat serta pengakuan global pada acara OPCC Global Awards Ceremony. Acara tersebut dalam rangkaian Global Climate Action Summit yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat pada 12-14 September 2018.

Global Communicator Sustainable Cities WWF, Victoria Olausson berpandangan, Kota Jakarta memiliki kemampuan yang luar biasa dalam meraih dukungan dari warganya dalam kampanye ini. “Ketertarikan masyarakat dengan pemerintah kota adalah kunci sebuah kota dalam meraih kesuksesan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," katanya.

Sumber: Republika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini