Pekan Olahraga Nasional Special Olympic Indonesia 2018 Siap Diadakan di Riau

Pekan Olahraga Nasional Special Olympic Indonesia 2018 Siap Diadakan di Riau
info gambar utama
Kompetisi olahraga merupakan salah satu upaya untuk bisa menunjukkan kemampuan diri. Lewat kompetisi olahraga masyarakat juga diajak untuk etos-etos olahraga seperti sportifitas dan perjuangan. Itu sebabnya, olahraga juga menjadi salah satu cara bagi kalangan disabilitas untuk membuktikan diri.

Olahraga bagi penyandang disabilitas dapat menjadi pintu untuk membuktikan bahwa mereka mampu untuk berprestasi. Salah satu kompetisi olahraga untuk para penyandang disabilitas tersebut adalah Pekan Olahraga Nasional ke-8 Special Olympics Indonesia 2018 atau PORNAS VIII SOIna 2018.

Berdasarkan rilis yang diterima GNFI, kompetisi ini merupakan kompetisi rutin yang diadakan untuk para penyandang disabilitas setiap empat tahun sekali. Pada tahun ini di tanggal 19-23 Juli 2018, para atlet difabel PORNAS dari berbagai provinsi akan hadir di Provinsi Riau. Pekan olahraga akbar ini kurang lebih akan melibatkan ribuan atlet, pelatih, tim dan relawan.

Ada 12 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan dalam PORNAS Special Olympic kali ini. Cabor tersebut antara lain Atletik, Tenis Meja, Renang, Bola Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bulutangkis, Futsal, Sepakbola, Bocce, Bowling. Belasan cabor tersebut akan diikuti berbagai atlet dari 22 Provinsi di Indonesia.

Kompetisi ini sendiri akan menjadi bagian dari program seleksi atlet-atlet disabilitas dari berbagai daerah di Indonesia yang diproyeksikan untuk ajang internasional "Special Olympic World Summer Games (SOWSG)" di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Maret 2019 tahun depan.

Ketua Umum SOIna, Prof. DR. Faisal Abdullah optimis Indonesia tidak akan kekurangan atlet-atlet penyandang disabilitas terbaik untuk berlaga di ajang SOWSG 2019.

Sesuai rencana, PORNAS VIII SOIna 2018 akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi pada 20 Juli 2018. Di dalam rangkaian acara pembukaan itu pula, akan diadakan pemberian penghargaan bagi individu yang berjasa dalam pengembangan Special Oympics di Indonesia. Hal itu juga sekaligus sebagai bagian dari peringatan 50 tahun Special Olympics International.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini