Gandeng Masyarakat Mahasiswa UNDIP Kembangkan Produk Herbal dari Cengkeh

Gandeng Masyarakat Mahasiswa UNDIP Kembangkan Produk Herbal dari Cengkeh
info gambar utama

Desa Gebugan Kabupaten Semarang terletak di lereng Gunung Ungaran memiliki ketinggian 510 mdpl, merupakan kawasan dataran tinggi yang memiliki komoditas unggulan berupa cengkeh. Hampir seluruh lahan yang ada ditanami pohon cengkeh, karena dirasa menguntungkan dibanding dengan yang lainnya. Akan tetapi pemanfaatan cengkeh di Desa Gebugan belum maksimal, karena hanya bunga cengkehnya saja yang dipanen, sedangkan untuk daun dan gagang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Hal tersebut akan menyebabkan masalah pada lingkungan sekitar.

Salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan pemanfaatan daun cengkeh untuk produk herbal. Produk herbal ini oleh beberapa mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro yang beranggotakan Devi Kurniasih sebagai ketua, Puji Nur Hana, Amnan Haris, Regina Cahya Cendekianesti, Ibnu Riski dibuat menjadi minyak aromaterapi dan minuman herbal berupa wedang uwuh. Produk ini sudah disosialisasikan kepada penduduk sekitar Desa Gebugan khususnya adalah ibu-ibu PKK.

Pemanfaatan daun cengkeh untuk produk herbal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menjadikan masyarakat yang awalnya kurang produktif menjadi masyarakat yang produktif. Program yang dipelopori oleh mahasiswa ini diharapkan menjadi kegiatan mandiri bagi ibu-ibu di Desa Gebungan yang mampu dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Kegiatan ini diketuai dan dikoordinasikan langsung oleh internal ibu PKK setempat dengan mahasiswa sebagai media pengantar. Setelah program terlaksana secara mandiri serta mampu berproduksi rutin, program dapat dinyatakan berhasil dan berdaya guna bagi masyarakat sekitar. Program-program seperti ini diharapkan dapat terus berkembang di masyarakat sebagai upaya rintisan pengembangan UMKM, peningkatan kualitas petani, dan perekonomian di Desa Gebugan Kabupaten Semarang .

Tulis berita baik Anda di sini..


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini