12 Siswa SD Harumkan Nama Bangsa Melalui Kompetisi Matematika di Bulgaria

12 Siswa SD Harumkan Nama Bangsa Melalui Kompetisi Matematika di Bulgaria
info gambar utama

Sepertinya tiap hari selalu ada saja anak bangsa yang membanggakan Indonesia, baru-baru ini sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) Indonesia bikin bangga Indonesia di Kompetisi Matematika Internasional yang digelar di Bulgaria.

dikutip dari rilis Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dak Kebudayaan, Khamim menjelaskan, dalam "Bulgaria International Mathematics Competition" (BIMC) Tahun 2018, sebanyak 12 siswa SD yang mewakili Indonesia sukses membawa pulang dua emas, dua perak dan enam perunggu.

sumber : Dok.Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud
info gambar

''Artinya kita tidak boleh pesimis. Anak-anak ini sudah membuktikan bahwa kita juga mampu bersaing di kancah internasional,'' kata Khamim, saat menyambut kedatangan delegasi BIMC di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (7/7) dikutip dari GoRiau.com

Untuk kategori tim/kelompok, delegasi Indonesia berhasil meraih satu emas, dua perak, dan dua perunggu. Lalu untuk kategori individu, Indonesia memperoleh satu emas atas nama Felicia Grace Angelyn Ferdianto dari SD Cahaya Nur, Kudus.

Berikut daftar juara yang mendapatkan medali :

Satu medali perak atas nama Yedija Nicholas Kurniawidi dari SD Karangturi, Semarang.

Empat medali perunggu diraih oleh Ahmad FikriAzhari (SD Muhammadiyah Plus, Batam)

Mafazi Ikhwan DhandiHibatullah (SDS Al Furqon, Jember)

Matthew Allan (SDS Kristen 10 Penabur, Jakarta)

Ryan Suwandi (SDSTzu Chi, Jakarta)

Lima siswa lainnya mendapatkan penghargaan merit (harapan) dalam kompetisi yang diikuti 28 negara tersebut.

Khamim menjelaskan bahwa delegasi BIMC terdiri dari para siswa yang berprestasi dan merupakan juara dari OSN tahun 2017. ''Pembekalan delegasi dilakukan dalam dua tahapan; pada bulan Mei dan Juni,'' ujar Khamim, Direktur Pembinaan SD.

sumber : goriau, tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini