Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis sebuah aplikasi ponsel bernama Duta Suporter Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia mendukung Asian Games 2018. Aplikasi berbasis sistem operasi Android itu sudah tersedia di Google Play Store, dan dapat juga mendaftar di situs Duta Suporter Indonesia.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Niken Widiastuti dalam sambutan peluncuran aplikasi Duta Suporter menyatakan bahwa Asian Games 2018 merupakan sebuah ajang penting bagi nama Indonesia. Sehingga untuk menyukseskan ajang olahraga se-Asia ini membutuhkan keterlibatan dan partisipasi masyarakat.

"Asian Games merupakan perhelatan terbesar se-Asia, Indonesia sudah menjadi tuan rumah sebanyak dua kali. Acara ini bukan hanya miliki Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah, tapi milik seluruh Indonesia, untuk itu kami membuat aplikasi Duta Suporter Indonesia agar Asian Games 2018 dapat dinikmati masyarakat di 34 provinsi." paparnya dalam kesempatan Grand Launching Duta Suporter Indonesia di Java Ballroom, Hitel Millennium Sirih, Tanah Abang, Jakarta, pada Selasa, 10 Juli 2018.

Foto: dutasuporter.id
Foto: dutasuporter.id

Partner Duta Suporter, Suvarna.ID Enda Nasution sebagai tim pengembang aplikasi Duta Suporter Indonesia menambahkan bahwa Aplikasi tersebut dapat diunduh publik untuk melakukan registrasi calon duta suporter dari provinsinya masing-masing. Selama masa program pemilihan duta, para calon akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya.

Nantinya, akan terdapat 68 duta suporter yang terpilih berdasarkan jumlah suara terbanyak di masing-masing provinsi di Indonesia. Dari setiap provinsi akan diambil satu duta laki-laki dan satu duta perempuan. Keduanya akan mendapatkan undangan dan kesempatan menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta. Selain itu para duta juga akan mendapatkan hadiah lainnya yang menarik seperti ponsel pintar.

"Keberadaan platform itu memungkinkan Asian Games dapat menggalang dukungan langsung dari Indonesia secara luas,"papar Enda.

Sementara itu berbagai promosi untuk meramaikan gaung Asian Games 2018 telah dilakukan. Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) beberapa kali telah merilis konten-konten promosi menarik seperti meluncurkan berbagai video musik yang melibatkan berbagai musisi Indonesia. Selain itu juga terdapat kompetisi menulis untuk memperbanyak konten seputar Asian Games 2018 Jakarta Palembang. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu