Kabar terbaru lagi lagi datang dari industri pariwisata Indonesia. Rabu (11/07) Menteri Pariwisata Republik Indonesia beserta jajarannya menghadiri acara Konferensi Pers Iron Man 70.3 Soedarmon.

Dilansir melalui laman resmi Kementerian Pariwisata, dalam konferensi tersebut Menteri Pariwisata juga didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala, Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, CEO Metasport, dan beberapa Atlet Profesional.

Iron Man 70.3 merupakan Event Swim, Bike, Run, yang diikuti oleh beberapa negara di berbagai belahan dunia. Sebut saja USA, Singapore, South Africa, Philippines, New Zealand, Netherlands, Malaysia, Japan, India, Hongkong, United Kingdom, France, Germany, Canada, Australia, dan tentu saja Indonesia. Nantinya kegiatan Iron Man 70.3 akan dipusatkan di Lagoi Bay, sebuah resort di kawasan Pulau Bintan Kepulauan Riau, yang memiliki hamparan pantai berpasir putih, laguna, dan berfasilitas lengkap.

Lagoi Bay Merupakan Salah Satu Pantai yang Mempesona di Kepulauan Riau (Sumber: Palembangpro)
Lagoi Bay Merupakan Salah Satu Pantai yang Mempesona di Kepulauan Riau (Sumber: Palembangpro)

Melalui ajang tersebut, ada tiga tahapan atau jalur yang harus dilewati peserta Iron Man yaitu Perfect Swim Conditions sejauh 1,9 Km, Spectacular One-Lap Bike Course sejauh 90 Km, dan Scenic Run Course sejauh 21,1 Km. Untuk Perfect Swim Conditions, perlombaan dimulai dari pantai pasir putih yang menakjubkan. Pada momen tersebut, atlet berenang di perairan sejuk sejernih Kristal di Teluk Lagoi yang bersuhu sekitar 20 derajat celcius. Kemudian, akan dilanjut dengan Spectacular One-Lap Bike Course di mana peserta akan melakukan perjalanan menggunakan sepeda di jalan berkelok melewati bagian barat laut pulau dengan hutan hijau lebat hingga pemandangan pantai yang fantastis.

 

Konferensi Pers Iron Man 70.3 Bintan, Kepulauan Riau Jakarta, 11 Juli 2018 - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Ibu Masruroh, Asdep Regional 1 Pemasaran 1, dan Kepala Puskomblik, Bapak Guntur Sakti, dan Staf Khusus Bidang Komunikasi, Bapak Don Kardono menghadiri acara Konferensi Pers Iron Man 70.3 Bintan yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman. Dalam Konferensi Pers tersebut, Menpar RI didampingi oleh Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Abdul Wahab, Group General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala, Aston Salim, Directory of PT. Indofood Sukses Makmur, Nathalie Marquet, CEO Metasport dan Andy Wibowo, Professional Athlete. IRONMAN 70.3 adalah Event Swim, Bike, Run yang diikuti oleh Negara USA, Singapore, South Africa, Philippines, New Zealand, Netherlands, Malaysia, Japan, India, Indonesia, Hongkong, United Kingdom, France, Germany, Canada, Australia IRONMAN 70.3 akan dipusatkan di Lagoi Bay, sebuah resort yang memiliki hamparan pantai berpasir putih, laguna, fasilitas lengkap. Ada tiga tahapan atau jalur yang harus dilewati peserta yaitu Perfect Swim Conditions sejauh 1,9 Km, Spectacular One-Lap Bike Course sejauh 90 Km dan Scenic Run Course sejauh 21, 1 Km. Untuk Perfect Swim Conditions, perlombaan dimulai dari pantai berpasir putih yang menakjubkan. Atlet berenang di perairan sejuk sejernih kristal di Teluk Lagoi dengan suhu 20 ° C. Kemudian akan dilanjutkan dengan Spectacular One-Lap Bike Course dimana peserta akan bersepeda di jalan berkelok-kelok melewati bagian barat laut pulau dengan hutan hijau lebat hingga pemandangan pantai yang fantastis. Terakhir Scenic Run Course, atlet akan berlari 2 lapangan dengan pemandangan yang bervariasi dan menakjubkan di Danau Teluk Lagoi yang terawat, memberikan pelari kesempatan untuk bertemu dengan sesama atlet. Terdiri dari event Swim, Bike, Run yang diikuti oleh 16 Negara: USA, Singapore, South Africa, Philippines, New Zealand, Netherlands, Malaysia, Japan, India, Indonesia, Hongkong, United Kingdom, France, Germany, Canada, Australia. Target 1000 Wisman. #PesonaIRONMAN703Bintan

A post shared by Kementerian Pariwisata (@kemenpar) on

Terakhir, di tahap Scenic Run Course atlet akan berlari dua lapangan dengan pemandangan yang bervariasi dan menakjubkan di Danau Teluk Lagoi yang terawat. Situasi tersebut pun memberikan pelari kesempatan untuk bertemu dengan sesama atlet lainnya.

Dengan kegiatan tersebut, disebutkan bahwa Kementerian Pariwisata menarget hadirnya 1000 wisatawan mancanegara yang datang dan berkunjung ke Indonesia, khususnya di Pulau Bintan Kepulauan Riau.

Jadi demikian Iron Man yang ada di Riau, pasti berbeda dengan Iron Man yang banyak kawan GNFI ketahui. Namun jangan salah, Iron Man di Indonesia juga tak kalah menarik lho!

Bangga Pariwisata Indonesia!


Sumber: Kementerian Pariwisata

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu