Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi: Merealisasikan Gambaran Pada Karya

Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi: Merealisasikan Gambaran Pada Karya

Peserta Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi

Peserta Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi selalu diarahkan bahwa apapun yang dialami pada saat ini ataupun yang telah menjadi ingatan dari masa lalu haruslah menjadi pijakan mencipta. Seiring dengan mencipta karya melalui kemampuan untuk membaca diri dan memanfaatkan tubuh sebagai medan utama karya, pemahaman untuk penyampaian pesan dengan cara yang tepat tentu juga sangat penting.

Untuk mengasah kemampuan ini, Maestro Hanafi mengajak Peserta Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi untuk berlatih dengan media karya berupa sketsel, kain dan payung. Proses pembelajaran ini berlangsung pada hari ke-9 Belajar Bersama Maestro, setelah sesi manajemen seni bersama Ibu Adinda.

Setiap peserta diminta menumbuhkan gambaran payung dengan merespon langsung berupa gambar dan dengan tubuh. Pada proses pembelajaran ini, Peserta Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi berlatih untuk menyampaikan apresiasi terhadap suatu karya sekaligus menangkap pesan yang ada pada karya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Setelah masing-masing peserta menyampaikan respon terhadap media karya yang disiapkan, Hanafi memaparkan tentang bagaimana sebuah gambaran di kepala bisa tumbuh dalam karya melalui kebebasan ekspresi sebagai seniman. Berbagai faktor akan mempengaruhi gambaran yang dimiliki suatu karya, yaitu kebebasan ekspresi dari Seniman, pilihan serta kombinasi warna, jiwa yang hidup dalam karya, makna yang tersimpan, teka-teki yang menjadi rahasia, juga nilai yang dimiliki. Karena, sesungguhnya cara melukis tidak lebih penting dari cara melihat dalam proses penciptaan karya.

Menurut Hanafi, seorang Seniman pada dasarnya memang selalu membuat perkara sendiri. Seperti halnya yang disampaikan oleh Kurator dari Hanafi, “Hanafi jika melukis seperti bermain catur sendiri, menyebabkan/mempertanyakan masalah sendiri dan menjawab/menyelesaikan masalah sendiri.”.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi: Pengelolaan Seni Dalam Alur Penciptaan dan Produksi Sebelummnya

Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi: Pengelolaan Seni Dalam Alur Penciptaan dan Produksi

Garuda Indonesia Hadirkan Armada Klasik Douglas DC 3 Saat Upacara Bendera Selanjutnya

Garuda Indonesia Hadirkan Armada Klasik Douglas DC 3 Saat Upacara Bendera

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.