5 Film Indonesia yang Populer di Luar Negeri

5 Film Indonesia yang Populer di Luar Negeri
info gambar utama

Film adalah karya seni yang membutuhkan effort besar dalam pembuatannya. Perlu kamu ketahui, pembuatan film membutuhkan modal yang sangat besar. Oleh karena itu, keberhasilan film dilihat dari seberapa banyak penontonnya. Modal yang besar akan kembali, bahkan pembuat film akan mendapatkan keuntungan berlipat jika jumlah penontonnya banyak. Tidak heran, banyak upaya yang dilakukan agar jumlah penonton mampu mencapai angka yang diharapkan.

Sama seperti film Hollywood yang tayang di seluruh dunia, Indonesia juga memimpikan itu. Para pembuat film mengupayakan agar film buatan Indonesia bisa tayang di luar negeri. Banyak film Indonesia terbaik bersaing untuk mendapatkan penghargaan di luar negeri. Tapi kamu tahu tidak? Film yang mendapatkan respon baik di luar negeri, tidak selalu film yang juga diminati penonton di Indonesia. Untuk informasimu, berikut ini adalah 5 film Indonesia yang populer di luar negeri.

1. ZIARAH

Ziarah adalah film yang menceritakan soal perjalanan. Perjalanan kehidupan mbah Sri yang diperankan oleh petani asli Gunungkidul berusia 95 tahun. Kehidupan yang diperlihatkan adalah kehidupan desa Gunungkidul yang berbeda sekali dengan kehidupan di perkotaan. Film produksi BW Purbanegara ini berhasil populer di luar negeri bahkan sempai memenangkan beberapa penghargaan. Yaitu memenangkan ajang Salamindanaw Film Festifal 2016 di Filipina sebagai Film Terbaik. Dan memenangkan dua penghargaan di ASEAN International Film Festival an Awards (AIFFA) di tahun 2017.

2. JAGAL (THE ACT OF KILLING)

Jagal adalah film yang menceritakan cerita sejarah politik yang terkenal di Indonesia. Yaitu pembantain PKI yang didapatkan dari wawancara seorang pelaku pembantaian kala itu, Anwar Congo. Jagal dikemas dalam bentuk film documenter. Ceritanya sangat apik sehingga mampu memenangkan beberapa penghargaan. Salah satunya penghargaan sebagai film dokumenter terbaik menurut BAFTA (UK). Bahkan Jagal mampu masuk ke nominasi film documenter terbaik di ajang penghargaan Oscar di UK loh.

3. LASKAR PELANGI

Laskar pelangi juga terkenal di Indonesia. Ceritanya mampu membangkitkan semangat belajar para penontonnya karena menceritakan kisah sekelompok anak yang serba kekurangan tetapi perjuangan untuk belajarnya luar biasa. Film yang diproduksi oleh Riri Riza mampu diberi penghargaan oleh International Festival of Film for Children dan Young Adults di Hamedan, Iran sebagai The Golden International Film. Film ini populer di berbagai negara dan pernah meramaikan berbagai festival film di luar negeri.

4. LOVELY MAN

Film satu ini cukup terkenal di Jepang. Dikatakan bahwa Lovely Man termasuk film asal Asia yang berkualitas. Ceritanya cukup berani dengan menghubungkan kehidupa waria dengan agama Islam. Teddy Soeriaatmadja berhasil membawa filmnya masuk ke nominasi dalam Osaka Asian Film Festival di Jepang. Penghargaan yang berhasil didapatkan adalah best actor dalam Asian Film Award dan best director dan best film dalam Palm Spring di Amerika.

5. MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

Hebatnya film Indonesia, latar belakang film yang diperlihatkan akan sangat beragam. Dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, kamu akan dikenalkan dengan kehidupan di Sumba, Nusa Tenggara Timu (NTT). Kehidupan peran utama dalam film ini sangat miris karena Marlina mengalami perampokan dan pemerkosaan. Padahal hidupnya saja sudah cukup berat karena kondisinya yang miskin.

Tapi cerita dalam film ini sangat cerdas, hingga mampu memenangkan berbagai penghargaan. Marsha Timothy dinobatkan sebagai aktris terbaik dalam Sitges Internatinal Fantastic Festival. Dari segi keunikan, film Mouly Surya ini mendapatkan penghargaan sebagai film dengan skenario terbaik di Festival International du Film deFemmesde Sale (FIFFS) ke-11 di Moroko. Penghargaan juga diberikan oleh The QCinema Festival di Filipina sebagai Asian NestWave.

Kira-kira di antara 5 film di atas, adakah film yang belum kamu tonton? Kalau belum, coba deh segera cari filmnya dan tonton di rumahmu. Pahami nilai apa yang bisa diambil dari 5 film Indonesia yang populer di luar negeri. Siapa tahu kamu juga bisa melihat kalau film Indonesia tidak kalah seru dari film-film asal luar negeri loh.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini