10 Pantai Indonesia yang Terkenal Ombaknya, Cocok untukmu Pecinta Surfing

10 Pantai Indonesia yang Terkenal Ombaknya, Cocok untukmu Pecinta Surfing
info gambar utama

Sejak dulu, pantai merupakan salah satu tujuan wisata alam yang diminati oleh banyak orang. Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai. Dari menikmati sunset di sore hari, bermain pasir, olahraga di tepi pantai, hingga olahraga yang menuntut keahlian khusus seperti surfing. Menemukan pantai indah untuk dijadikan tempat bersantai itu cukup mudah. Tapi menemukan pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk surfing tidak semudah itu. Beruntunglah karena kita tinggal di negara kepulauan Indonesia. Di sini kamu dapat menemukan pantai dengan ombak yang menantang. Ulasan ini mengenai 10 pantai di Indonesia yang terkenal dengan ombaknya.

1. Pantai Sorake, Sumatera Utara

Pulau Sumatera bagian utara memang sudah terkenal di dunia karena ombaknya yang menantang. Hal ini karena Sumatera termasuk pulau yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Sebut saja pantai Sorake yang berada di Sumatera Utara, tepatnya di pulau Nias. Ombak yang bergerak bebas di sini mampu mencapai ketinggian 10 hingga 15 meter dari permukaan laut. Pecinta Surfing seperti kamu harus banget merasakan ombak pantai Sorake. Tapi jika kamu sudah termasuk peselancar internasional ya. Untuk kamu yang masih pemula, lebih baik cari pantai yang lebih aman.

2. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung berada di pulau Jawa, tepatnya di desa Grajagan, Banyuwangi, yang juga menghadap langsung ke samudera Hindia. Walaupun ketinggian ombaknya lebih rendah dari pantai Sorake, yaitu 6 hingga 8 meter. Panjangnya mampu mencapai 2 kilometer loh. Dan jangan salah, pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik kedua setelah Hawaii. Hebatnya, pantai ini bahkan pernah dijadikan lokasi kompetisi surfing tingkat Internasional, yaitu Banyuwangi G-land International Team Challenge. Pesertanya berasal dari berbagai negara seperti Selandia Baru, Amerika, Perancis, dan sebagainya. Kamu pecinta surfing, nikmati lah ombak di sini sebelum berselancar ke Hawaii.

3. Pantai di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Mentawai adalah kepulauan yang termasuk bagian dari Sumatera Barat. Karena bentuknya kepulauan, sudah terbayang dong artinya kepulauan ini memili banyak pantai. Mentawai sudah tidak asing di telinga para pecinta surfing. Di tempat ini terdapat 400 spot surfing dengan ketinggian yang berbeda-beda. Jadi cocok untuk peselancar dari tingkat profesional maupun pemula sekali pun. Salah satu spot ombak yang terkenal adalah pulau Sipora. Tapi kamu harus memahami cuaca di sini sebelum berangkat. Kepulauan Mentawai termasuk daerah yang terkena terjangan tsunami di tahun 2010.

4. Pulau Tanjung Setia, Lampung

Kalau kamu mencari spot surfing yang sepi pengunjung, datanglah ke pulau Tanjung Setia di Lampung. Walaupun tidak seterkenal tempat surfing lain di Indonesia, pantai di pulau ini diam-diam memiliki daya tarik yang menantang. Bahkan kompetisi surfing juga turut diadakan di tempat ini, dengan peserta dari berbagai mancanegara. Ombaknya mampu mencapai 6 hingga 7 meter dengar panjang sekitar 200 meter. Saat kamu berkunjung ke sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas tropis, lengkap dengan keindahan hutan tropis dan pantai pasir putih yang ditumbuhin pohon palem.

5. Nusa Lembongan, Bali

Di Bali, kamu dapat menemukan banyak pantai indah dengan fasilitas yang lengkap. Tidak hanya itu, ada satu pantai yang sangat disukai oleh kelompok pecinta surfing. Nusa Lembongan adalah pantai yang dilengkapi dengan ombak yang bisa mencapai ketinggian 8 meter. Asiknya, pantai ini mudah diakses. Dan untuk kamu para backpacker, jangan khawatir. Banyak tiket pesawat promo yang bisa mengantarkan kamu ke Bali.

6. Pantai Watu Karung, Jawa Timur

Sebelumnya ada pantai Plengkung di Banyuwangi. Kamu yang mencari tempat surfing di pulau Jawa juga dapat coba mendatangi pantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur. Bahkan kamu yang masih pemula bisa mulai belajar surfing pantai ini. Samudera Hindia memang sumber ombak yang terbaik. Pantai Watu Karung juga menghadap langsung ke Samudera Hindia. Tapi tidak terlalu tinggi seperti di tempat lain karena ombak tersebut dipecah oleh batu-batu di sekitar pantai.

7. Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat

Sesuai dengan namanya, ombaknya memiliki keunikan tersendiri. Ombak di pantai ini bergerak secara bersusun dan bergantian hingga 7 kali ombak dalam waktu yang berdekatan. Ini mungkin terjadi karena ada dorongan dari batu-batu karang yang menyebar di sekitar pantai. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam pantai Ombak Tujuh yang tidak kalah dari pantai-pantai lainnya. Kalau kamu tertarik, datanglah ke kota Sukabumi di provinsi Jawa Barat. Kota ini sebenarnya menyuguhkan pantai lain yang juga indah. Tapi kamu yang berniat untuk surfing haru menyambangi pantai Ombak Tujuh terlebih dahulu.

8. Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

Pantai Nihiwatu tidak disarankan untuk kamu yang memiliki budget yang minim. Pulau Nihiwati berada di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Sumba. Tapi orang yang dapat berselancar di sini hanya orang yang menginap di hotel Nihiwatu. Liburan yang mahal tapi ekslusif.

9. Pantai Marosi, Nusa Tenggara Timur

Masih di NTT, pantai satu ini juga wajib dikunjungi pecinta surfing. Tenang, tempat ini tidak eksklusif seperti Nihiwatu. Kamu yang datang ke pantai Marosi bahkan tidak masalah jika masih kelas pemula untuk olahraga surfing. Ombaknya cukup aman dan ramah karena ketinggiannya hanya mencapai 3 meter saja.

10. Pulau Nias, Sumatera Utara

Sumatera utara dan sekitarnya memang tempat yang paling disukai peselancar. Banyak pilihan spot sufing, misalnya seperti di pulau Nias. Ketinggian ombaknya bisa kira-kira sekitar 2 hingga 15 kaki. Dua spot surfing yang terkenal di pulau Nias di antaranya Indicator dan The Point.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini